Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Proyek Tol Salatiga-Colomadu Digeber, Target H-7 Lebaran Bisa Dijadikan Tol Fungsional

Ditta Aditya Pratama - Kamis, 31 Mei 2018 | 21:12 WIB
Tol fungsional Colomadu menuju Sragen
Tribun Jateng
Tol fungsional Colomadu menuju Sragen

GridOto.com - Demi memperlancar arus mudik Lebaran 2018, pekerjaan proyek jalan tol ruas Salatiga sampai Colomadu terus dikebut.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Bina Marga, Pekerjaan Umum, dan Cipta Karya Provinsi Jawa Tengah, Hanung Triyono mengatakan, tol fungsional dari Salatiga hingga Colomadu diupayakan siap pada H-7 Lebaran. Hal ini dikarenakan masih terdapat titik jembatan yang kritis.

"Yang saat ini paling kritis adalah Jembatan Kenteng karena kami harus membuat jalur darurat sepanjang 475 meter, yang masih diselesaikan hingga H-7 Lebaran," jelas Hanung, Rabu (30/5).

Menurutnya, masih terdapat tiga jembatan tol yang akan dicor yaitu jembatan tol Genjer, Cemara, dan Kutatunggah.

(BACA JUGA: Apa Saja yang Di-cover Asuransi Motor Saat Ditinggal Mudik?)

Dikatakannya ketiga jembatan tersebut dapat digunakan pada 8 Juni mendatang. Secara keseluruhan progres pembangunan tol ini telah mencapai 90 persen.

"Yang saat ini paling kritis berada di Jembatan Kenteng," tuturnya.

Ia menuturkan, rekayasa pemberlakuan jalur fungsional akan dilakukan setelah pengecekan kembali.

"Untuk jalur mudik arahnya dari Salatiga hingga Colomadu akan menggunakan lajur kiri dari H-7 hingga H+2, dan untuk jalur balik dari H+3 hingga H+7," katanya.

(BACA JUGA: Emosi Gara-gara Kalah Saat Adu Suara Knalpot, Geng Motor Pukuli Sampai Tabrak Anak SMP Pakai Motor)

Pimpinan Proyek Jalan Tol Solo-Ngawi, Edi Priyono Broto mengatakan, sesuai permintaan Polda Jateng, jalur tol fungsional akan dibuka pukul 18.00 hingga pukul 21.00.

Untuk pengoperasian tol fungsional pada malam hari, kata dia, telah disediakan penerangan dengan memasang Penerangan Jalan Umum (PJU) sementara.

Disamping itu, kata Edi, pihaknya akan memperkuat penerangan dan rambu-rambu di jalur kritis, yakni di jembatan tol Kenteng.

"Di titik-titik kritis akan kami jaga hingga selesai fungsional terutama di wilayah persilangan sebidang. Di proyek kami ini terdapat sepuluh persilangan sebidang kami tempat petugas lalu lintas dan rambu-rambu," tutupnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunjateng.com dengan judul Tol Fungsional dari Salatiga hingga Colomadu Siap pada H-7 Lebaran

Editor : Ditta Aditya Pratama
Sumber : Tribun Jateng

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa