Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tanda-tanda Ban Minta Diganti Perhatikan Hal Ini Sob, Biar Mudik Makin Nyaman

Ivan Casagrande Momot - Kamis, 31 Mei 2018 | 08:30 WIB
TWI (Tread Wear Indicator) pada ban
Aditya Pradifta
TWI (Tread Wear Indicator) pada ban

GridOto.com - Musim mudik segera tiba dan banyak hal harus dipersiapkan, terutama soal keamanan dan kenyamanan kendaraan.

Setelah diberikan rekomendasi mengenai beberapa part untuk menambah akomodasi, kali ini GridOto.com ingin merekomendasikan soal waktu penggantian ban yang tepat.

(BACA JUGA: Cuma Ada 10 Set di Indonesia, Pelek Langka Buat All New Rush, Lagi Diskon Rp 13 Juta!)

"Cara pertama yang paling tepat, yaitu perhatikan Tread Wear Indicator (TWI). Ini menunjukkan tingkat keausan ban. Jadi bukan pada kebotakan ulirnya" tukas Wibowo Santosa, owner Permaisuri Ban.

Pada bagian ini, tingkat ketebalan menjadi terlihat dan bisa dinilai apakah ban sudah mengalami kebotakan tapak atau belum.

Sayangnya, pemahaman yang terjadi di masyarakat masih banyak kekeliruan jika hanya melihat ulir ban saja yang mengalami kebotakan.

"Apa sih TWI? TWI ini merupakan garis yang berada di dalam ulir ban. Itu berfungsi sebagai indikator kebotakan, kalau sudah menyentuh garis ini tandanya ban sudah harus diganti" imbuh pria yang akrab disapa Bowo ini.

Jangan lihat kebotakan ban dari ulir ban
Jangan lihat kebotakan ban dari ulir ban

(BACA JUGA: Lagi Nih! Opsi Pelek Langka Buat Mitsubishi Xpander, Cuma Ada 10 Set Bro di Indonesia)

Ia menambahkan bahwa pada ban Michelin biasanya ada bibendumnya atau umumnya ada simbol segitiga.

Selain itu, saat ban sudah dalam kondisi prima perlu juga memerhatikan tekanan angin ban. Jangan sampai terlalu keras apalagi sampai kurang tekanan anginnya.

"Bagaimana sih cara mengetahuinya? Biasanya tiap mobil ada indikator standarnya dan itu wajib diikuti demi keamanan dan kenyamanan berkendara" lanjut Bowo dalam penjelasannya.

Namun, jika ban yang diganti memiliki load indeks berbeda maka Anda perlu perhatikan simbol lain pada ban.

"Ban itu kan selalu ada spesifikasi ukurannya. Coba perhatikan deh, misalnya ukuran ban ini 225/45 R17 lalu ada tulisan 91W. Simbol ini sama enggak dengan ban standar kamu? Kalau misalnya di ban standar kamu tertulis 88W, itu artinya ban penggantinya hanya perlu tekanan angin lebih sedikit dari ban standar. Seandainya terdapat simbol yang sama maka tekanan yang diperlukan pun sama" tutupnya.

Jadi begitu sob. Semoga bermanfaat dan membuat perjalanan mudik kalian lebih nyaman. Biar lebih jelas, langsung simak video berikut ini.

Bodi Transparan Dimodif Ala Hot Wheels, Royal Alloy GP150 Makin Kece!

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa