Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Lampu Bening Kembali Dengan Poles Waxing, Ini Proses dan Biayanya

Radityo Herdianto - Kamis, 24 Mei 2018 | 05:30 WIB
ilustrasi membersihkan mika lampu depan
ilustrasi membersihkan mika lampu depan

GridOto.com-Jika lampu mobil Anda kusam dan buram karena usia serta pemakaian, Anda bisa bikin kinclong lagi dengan cara dipoles.

"Pemolesan mika lampu dengan waxing merupakan solusi hemat daripada mengganti lampu satu set baru, apalagi kondisi lampu mobil itu sendiri masih bagus," ujar Dadan, Pemilik Bengkel Syifa Jaya, Ciledung, Tangerang, saat ditemui GridOto.com (22/5).

Untuk proses awalnya, set lampu mobil dicopot dari mobil kemudian mika lampu dilepas dari rumah lampu untuk dibersihkan bagian luar dan dalamnya.

Kemudian pada bagian mika, untuk tahapan awal pemolesan mika lampu diolesi dengan cairan kompon dan dipoles menggunakan alat poles rotary untuk menghilangkan noda kusam atau buram pada mika.

"Risikonya adalah karena lampu dibongkar, otomatis ada penurunan kekedapan lampu terhadap air dan udara yang menyebabkan embun," jelas Dadan.

(BACA JUGA: Tips Menahan Emosi Bagi Pengemudi Yang Puasa Dari Pembalap Nasional)

Untuk meminimalisir resiko, tambah Dadan, lampu dibongkar di tempat yang kering menggunakan heat gun untuk menjaga kelenturan sealant.

Selain itu, saat pemasangan sealant ditambahkan untuk meminimalisir penurunan kekedapan lampu terhadap air dan udara.

Jika bagian mika lampu dalam tidak terlalu kotor parah, cukup dipoles pada bagian luarnya saja.

Tahapan selanjutnya mengolesi mika dengan cairan wax yang diratakan dengan alat poles rotary untuk melapisi bagian yang sudah dipoles sehingga mika lampu kembali bening.

Terakhir, mika lampu diolesi dengan cairan minyak multiguna untuk melindungi lapisan wax yang sudah diaplikasikan pada mika lampu.

Harga yang diberikan untuk lampu mobil standar dikenakan sebesar Rp 300 ribu dan jenis mobil dengan lampu yang lebih canggih dikenakan biaya sebesar Rp 700 ribu.

Editor : Dwi Wahyu R.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa