Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pilih Sepatu untuk Riding? Seperti Apakah yang Aman?

Akbar - Jumat, 2 Februari 2018 | 13:09 WIB
Ilustrasi sepatu untuk motor
Istimewa
Ilustrasi sepatu untuk motor

GridOto.com -Menggunakan atau memilih sepatu untuk mengendarai motor ternyata tidak boleh sembarangan.

Mengapa begitu? Jusri Pulubuhu, pendiri dan instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) kepada GridOto, menuturkan, bahwa keselamatan menjadi faktor utama pengendara tak boleh asal dalam menggunakan sepatu saat naik motor.
 
"Sepatu yang disarankan bukan sepatu yang biasa seperti sneakers, alasannya tentu saja safety. Disarankan sepatu yang bisa mengcover atau menutup hingga mata kaki, bagian thumb (ibu jari kaki) juga harus tercover," ujar Jusri saat dihubungi GridOto.com, Jumat (2/2/2018).
 
 
Apa alasannya?
 
"Karena ketika terjatuh dari motor, terlebih dalam kecepatan tinggi, maka kaki akan terseret," papar Jusri.
 
"Bagian ibu jari akan lebih dahulu mengenai permukaan jalan sehingga terjadi gesekan. Itulah mengapa jika dilihat sepatu khusus motor biasanya di bagian ibu jari ada lapisan khusus yang lebih tebal," lanjut Jusri
 
Jusri juga menambahkan, selain penggunaan sepatu yang tepat, penggunaan sandal sangat tidak disarankan dalam berkendara motor.
 
"Terlebih sandal, untuk urusan safety tidak disarankan karena tidak mengcover kebutuhan sebagai alat proteksi dari cedera berkendara," tutupnya.
 
 

Editor : Akbar

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa