Kaleidoskop 2017 : All New Yamaha R15 Paling Heboh, Ini Alasannya!

Dimas Pradopo - Jumat, 29 Desember 2017 | 13:25 WIB
Pengetesan Yamaha All New R15 di Sirkuit Sentul
Salim / Otomotifnet.gridoto.com
Pengetesan Yamaha All New R15 di Sirkuit Sentul


GridOto.com - Ketika ditanya, motor apa yang paling heboh secara pemberitaan di tahun 2017 ini? Rasanya All New Yamaha R15 masih belum ada lawannya.

Saat itu, di bulan Januari 2017, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) merilis motor yang secara spesifikasi memang heboh banget, wajar kalau semua artikel dan berita tentang motor ini banyak yang 'ngeklik' dan membacanya.

Saat itu Gridoto.com memang belum ada karena website ini baru launching di Oktober 2017, tapi bisa dilihat di database otomotifnet.com dan motorplus-online.com yang sudah mengudara lebih dulu.

Apa alasan yang membuat motor ini heboh banget?

Yamaha All New R15
Agus Salim/OTOMOTIF
Yamaha All New R15


Pertama tentu saja desainnya yang moge look banget, tampak seperti motor 250 cc padahal mesinnya cuma 150 cc.

Desain fairingnya dibuat lebih mirip supersport Yamaha R-Series lain seperti R6.

Kedua adalah area kaki-kaki motor dengan bobot 137 kg juga dirombak dengan penggunaan suspensi depan Upside Down 37 mm dan lengan ayun belakang aluminium.

Kompetitornya, Honda CBR150R dan Suzuki GSX-R150 masih pakai sokbreker depan teleskopik biasa dan swing arm besi kotak.

Kaki-kakinya enggak kalah kekar, roda depan dikawal ban ukuran 100/80-17 dengan pelek 2.50, sedang yang belakang 140/70-17 pakai pelek 4.00, paling lebar di kelasnya!

New Yamaha R15
Salim
New Yamaha R15


Ketiga, pasti mesinnya yang enggak tanggung-tanggung! Jadi pioner dengan mengusung teknologi variable valve di kepala silindernya.

Mesin berkapasitas 155 cc SOHC 4-klep yang sekarang dilengkapi Variable Valve Actuation (VVA) seperti NMAX.

Apa untungnya pakai VVA? Basis mesin SOHC yang digunakan Yamaha unggul pada respon di putaran bawah dan konsumsi bensin yang lebih baik, atasnya disempurnakan dengan VVA.

Tenaganya jadi seperti ngisi terus, bawahnya sudah responsif tapi di atas 7.400 rpm disambung pakai lobe kem kedua, jadi lebih bertenaga.

Peak power All New R15 berada di putaran mesin lebih tinggi yaitu 10.000 rpm dengan tenaga yang memuncak jadi 19,05 dk, sedang yang lama hanya 16,36 dk pada 8.000 rpm.
Cara kerja VVA Yamaha
Otomotifnet.gridoto.com
Cara kerja VVA Yamaha

Apalagi ditunjang fitur Assist & Slipper clutch membuat proses menarik tuas kopling lebih ringan, serta mengurangi efek engine brake berlebih yang biasanya bikin ban belakang slide.

Bagaimana akselerasinya? diukur mengunakan Racelogic Performance Box di sirkuit Sentul, Bogor, hasilnya ternyata wow banget!

Kecepatan 0-60 km/jam hanya butuh waktu 4 detik, berikutnya 0-100 km/jam 10,4 detik saja.

Lalu berapa top speed yang diraih? Pas jelang R1 atau tikungan pertama angka di spidometer menunjukkan angka 149 km/jam! Rekor baru nih untuk sport 150 cc.

Keempat adalah konsumsi bensinnya juga jadi lebih irit baik putaran bawah maupun tinggi. Karena di semua putaran mesin pembakaran berlangsung secara efisien sesuai kebutuhan.

Hasil tes GridOto, untuk penggunaan harian bisa tembus 46 km/l, paling irit untuk motor sport 150 cc berperforma tinggi.

Penasaran lebih lanjut soal Yamaha All New R15? Simak di video review dibawah sob!

Editor : Dimas Pradopo

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X