Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Liburan Akhir Tahun Kejebak Macet di Tol Brexit? Ini Jalur Alternatif dari Kepolisian

Niko Fiandri - Jumat, 22 Desember 2017 | 14:36 WIB
Jalur alternatif akan diarahkan Polisi
Kompas.com
Jalur alternatif akan diarahkan Polisi

GridOto.com - Titik yang beresiko macet saat liburan panjang akhir tahun ini di pintu tol keluar di Kaligangsam Brebes, Jawat Tengah, alias Brexit.

Jangan khawatir Kepolisian kasih info jalur alternatif kalau tol Brexit macet panjang.

Untuk antisipasi itu, Polda Jawa Tengah menyiapkan rekayasa lalu lintas agar kemacetan tak menumpuk di jalan tol.

"Masalah lalu lintas dimungkinkan terjadi kepadatan di ' Brexit' (saat Natal)," kata Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono, seusai apel Natal dan Tahun Baru tingkat Jateng di Kota Tegal, Kamis (21/12/2017) kemarin.

(BACA JUGA: Waspada Razia Polisi Gadungan Jelang Natal, Ini Ciri-cirinya)

Kepadatan lalu lintas mungkin terjadi lantaran jalan alternatif mudik yang digunakan saat Lebaran lalu saat ini sedang dikerjakan.

Oleh karenanya, pintu jalan tol terakhir yang dilalui pemudik dari Jakarta yaitu di Exit Toll Kaligangsa di Brebes Timur.

Meksi diprediksi volume kendaraan meningkat, Polda menilai kenaikan kendaraan tidak terlalu signifikan.

"Tapi volumenya tidak seperi Lebaran lalu. Langkah kita koordinasi dengan Polda Jabar dan DKI," ujar mantan Kakorlantas Polri ini.

Untuk menjamin kelancaran lalu lintas, Polda melakukan antisipasi kemacetan.

Pertama, jika antrean kendaraan pemudik di Exit Toll Brebes Timur lebih dari 1 kilometer, maka kendaraan akan diarahkan atau dikeluarkan di pintu tol sebelumnya, baik di Jateng maupun di Jawa Barat.

"Kalau antrian di Brexit sudah 1 kilometer, di Jabar akan dikeluarkan ke arah Pantura," tambahnya.

Selain jalur Pantura, Jalur selatan juga diantisipasi beberapa titik kemacetan. Untuk di titik siaga, polisi memasang posko dan barikade untuk menghindari adanya kecelakaan.

Kapolri Polisi Tito Karnavian bahkan pada Kamis siang harinya ikut mengecek kesiapan jajarannya dalam operasi Natal dan tahun baru 2018.

Saat pengecekan, Tito sempat memberi pengarahan selama lebih 1 jam di ruang rapat di pintu tol keluar Brebes Timur di Kaligangsa, Kabupaten Brebes.

Selain Tito, hadir dalam tinjauan Natal dan Tahun Baru Asisten Operasi Kapolri Irjen M Iriawan, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiadi, Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR Ari Setiadi Moerwanto.

Ada juga Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono dan Pangdam IV Diponegoro Mayjend Wuryanto, General Manager Pertamina MOT IV Yanuar Budi Hartanto, serta para Kapolres terkait.

Sebelum kunjungan Kapolri, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo juga telah memimpin apel terkahir untuk memastikan kesiapan terkahir di alun-alun balaikota Tegal, Jawa Tengah.

Artikel sudah dipublikasikan Kompas.com dengan judul Libur Natal, Ini Rekayasa Jika "Brexit" Macet Panjang

Editor : Niko Fiandri

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa