Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ternyata Ada Zat Rahasia dalam Minyak Power Steering, Apa Itu?

Akbar - Senin, 18 Desember 2017 | 20:28 WIB
Ilustrasi minyak power steering
Photographer: Stanley Tjhie
Ilustrasi minyak power steering

GridOto.com - Menjaga seal power steering (PS) agar tetap mengembang, terpasang rapat dan berfungsi normal merupakan salah satu tugas penting yang diemban cairan power steering.

Karena seiring berjalannya waktu, seal ini dapat mengeras dan menyusut karena panas dan umur.

Cairan PS juga harus mampu menjaga performa dan melindungi sistem PS dari benda asing (kotoran debu atau air) serta melindungi dari korosi dan karat.

Di pasaran, cairan yang mempunyai fitur lengkap dalam menjaga performa seal serta melindungi sistem PS adalah cairan PS yang mengandung stop leak.

Cairan jenis ini mampu “menghidupkan” kembali sil karet yang getas atau menyusut agar kembali mengembang dan elastis sehingga dapat menahan kebocoran cairan di sistem power steering.

Cairan PS jenis ini mengandung zat aditif anti bocor yang tidak ditemui oleh cairan transmisi ATF. 

Selain itu, cairan PS plus stop leak ini biasanya juga mengandung aditif anti buih yang mampu meningkatkan efisiensi kinerja pompa serta menghentikan bunyi derit/squeels.

Fitur cairan PS yang tak kalah penting adalah inhibitor korosi yang fungsinya melindungi sistem PS dari korosi, karat serta menghambat oksidasi yang timbul karena kotoran debu atau air yang terbawa ketika mengisi cairan ataupun karena “luka” yang dibiarkan terbuka lama pada seal yang terletak dibagian bawah mobil.

Kebiasaan mengemudi yang baik, perawatan rutin serta pemilihan cairan PS yang tepat adalah beberapa faktor umum yang sebaiknya kita terapkan agar performa sistem PS tetap berjalan baik dan usia pemakaian menjadi lebih awet.

Editor : Akbar

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa