Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kemenhub Akan Cek Angkutan Jelang Libur Tahun Baru dan Natal

M. Adam Samudra - Minggu, 10 Desember 2017 | 16:35 WIB
Jalan tol  masih sering macet padahal bebas hambatan
Rizky/ Otomotifnet
Jalan tol masih sering macet padahal bebas hambatan

GridOto.com- Jelang libur tahun baru 2018, pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat akan melaksanakan Inspeksi Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (Ramp Check).

Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setiyadi mengatakan hal ini demi mengantisipasi potensi kecelakaan.

"Salah satu faktor kecelakaan dari kendaraan yaitu kondisi kendaraan yang tidak memenuhi persyaratan teknis laik jalan," kata Budi Setiyadi melalui keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu (10/12/2017).

Menurutnya, penyebab kecelakaan lalu lintas secara umum dapat disebabkan oleh beberapa faktor antara lain manusia, kendaraan, lingkungan dan jalan.

(BACA JUGA: Ini Alasan Charles Leclerc Pilih Nomor 16 untuk Mobil F1-nya di 2018)

"Karena adanya karakteristik pergerakan masyarakat yang besar di masa liburan tersebut," lanjut Budi Setiyadi.

"Sehingga dikhawatirkan akan meningkatkan potensi kecelakaan di wilayah-wilayah tertentu apabila tidak diantisipasi," paparnya.

"Tujuan kegiatan inspeksi keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan (Ramp Check) terhadap angkutan barang adalah untuk menurunkan tingkat pelanggaran angkutan barang, baik pelanggaran teknis dan operasional," jelasnya.

(BACA JUGA: Tips Liburan Tahun Baru dengan Kendaraan Pribadi Biar Enggak Boros)

Tak hanya itu, pemerintah akan membatasi operasi truk angkutan barang di jalan tol untuk menghadapi liburan Natal dan Tahun Baru.

Langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi padatnya kendaraan saat liburan.

Pembatasan tersebut dilakukan pada 22 Desember 2017 mulai pukul 00.00 WIB hingga tanggal 23 Desember 2017 pukul 24.00 WIB atau selama 2 hari.

Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa