Sedikit Campur Tangan Manusia, Ini Proses Produksi Suzuki Swift Baru dan Ignis di Jepang

Ivan Casagrande Momot - Sabtu, 28 Oktober 2017 | 06:21 WIB
Proses produksi Suzuki Swift baru di Sagara Plant, Jepang
Proses produksi Suzuki Swift baru di Sagara Plant, Jepang

GridOto.com - Suzuki Motor Corporation memberi kesempatan tim GridOto melihat langsung proses produksi Suzuki Swift baru di Jepang.

GridOto dibawa ke Suzuki Sagara Plant yang berlokasi di 1111 Shirai, Makinohara-shi, Shizuoka, Jepang yang jadi tempat produksi 3 model Suzuki yakni Swift, Ignis dan Solio.

"Sagara Plant punya luas area sebesar 1,97 juta meter persegi, terdiri dari stamping, welding dan assembling" kata Yoshitomo Haneda, Sagara Plant Manager, Suzuki Motor Corporation.

Proses produksi mesin di Sagara Plant, Jepang
Proses produksi mesin di Sagara Plant, Jepang
Sagara Plant merupakan pabrik terbesar Suzuki di Jepang disambing 5 pabrik perakitan lokal lain yaitu di Takatsuka, Kosai, Iwata, Toyokawa, dan Osuka.

"Volume produksi di Sagara Plant per tahun itu bisa mencapai 180 ribu unit. Tapi targetnya akan ditingkatkan menjadi 260 ribu unit" tambah Yoshimoto-san.

Dari target yang ada 100 ribu unit akan diposisikan untuk pasar domestik Jepang, sementara 160 ribu unit lainnya akan di ekspor ke Eropa.

Menariknya proses produksi Swift baru, Ignis dan Solio di Sagara Plant sedikit campur tangan manusia karena sudah tergantikan oleh robot.

Proses perakitan dasbor di Sagara Plant, Jepang
Proses perakitan dasbor di Sagara Plant, Jepang
"Misalnya untuk bagian welding itu sudah 100 persen robot didukung sekitar 610 robot" ujar Shoji Hatsukawa, Assistant Manager at Engineering Section di Sagara Plant, Suzuki Motor Corporation.  

Alhasil pabrik ini hanya didukung jumlah karyawan sebanyak kurang lebih 1.500 orang.

Fasilitas lain yang ada di Sagara Plant ialah Sagara Pre-delivery Inspection Centre sebagai pusat pemeriksaan kendaraan terakhir sebelum didistribusikan ke dealer domestik.

Sagara Pre-delivery Inspection Centre sebagai pusat pemeriksaan terakhir
Sagara Pre-delivery Inspection Centre sebagai pusat pemeriksaan terakhir
Bahkan tersedia juga test course seluas 4,5 km yang digunakan untuk pengetesan unit produki termasuk juga tes model baru yang akan diproduksi massal oleh Suzuki.


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa