Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Aturan Pemerintah, Taksi Online Enggak Bisa Daftar Perorangan

Niko Fiandri - Sabtu, 21 Oktober 2017 | 06:48 WIB
Taksi online
Tribunnews.com
Taksi online

GridOto.com - Taksi online mulai dibikin aturan dan payung hukumnya oleh pemerintah.

Aturan yang paling dasar driver taksi online tidak bisa lagi mendaftar perorangan, tetapi harus tergabung dalam badan usaha koperasi atau perusahaan (PT).

Rancangan aturan tersebut pun sudah masuk ke dalam draft revisi Peraturan Menteri Nomor 26 tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek.

Sekretaris Jenderal Kemenhub, Sugihardjo, menjelaskan peraturan tersebut berlaku bagi perorangan yang memiliki kurang dari lima kendaraan.

(BACA JUGA: Setelah Pengguna Strobo, Polisi Juga Tertibkan Pengendara Motor yang Melakukan Ini)

"Kami kombinasikan antara putusan MA dan UU LLAJ untuk usaha angkutan orang atay jalan harus berbadan hukum. Badan hukum bisa PT atau koperasi," ucap Sugihardjo saat ditemui di kantor Kementerian Perhubungan, Jumat (20/10/2017).

Sehingga nantinya Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) diperbolehkan atas nama banda hukum atau koperasi.

Baca: Menteri PUPR Minta Pengerjaan Tol Layang Andi Pangerang Dikebut

"Karena itu dalam peraturan yang baru, dimungkinkan dalam hal usaha angkutan standar kepemilikan kendaraannya atas nama perorangan atau atas nama badah hukum," tutur Sugihardjo.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan aturan ini akan semakin membantu para pengemudi dalam berusaha.

"Ya sebenernya dengan koperasi itu jadi sangat simpel sekali ya, pendaftaran juga dapat dilakukan kapan saja," ucap Budi Karya.

Selain poin diatas, pemerintah juga memiliki poin aturan lainnya yaitu agrometer taksi, tarif batas atas-bawah, wilayah operasi, kuota, bukti kepemilikan kendaraan, domisili Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB), dan Sertifikat Registrasi Uji Tipe (SRUT).

Revisi aturan ini merupakan tindak lanjut dari 14 pasal di dalam PM Perhubungan yang dibatalkan oleh Mahkamah Agung pada Agustus lalu.

Artikel sudah dipublikasikan Tribunnews.com dengan judul Dalam Rancangan Aturan Baru, Sopir Taksi Online Tidak Bisa Daftar Perorangan

Editor : Niko Fiandri

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa