Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kecelakaan Darat Sering Terjadi, Ternyata Cuman Segini Anggarannya

M. Adam Samudra - Senin, 10 September 2018 | 17:20 WIB
Bus yang alami kecelakaan fatal di Sukabumi
Kompas regional
Bus yang alami kecelakaan fatal di Sukabumi

GridOto.com - Kecelakaan maut terjadi di jalur "tengkorak" Komplek Tanjakan Letter S, Desa Cikidang, Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (8/9/2018).

Akibatnya sebuah bus pariwisata masuk ke jurang dengan kedalaman 31 meter.

Pengamat transportasi dari Unika Soegijapranata Semarang Djoko Setijowarno menyebut, hal ini terjadi lantaran anggaran terkait transportasi darat yang disiapkan pemerintah sangatlah minim.

"Hal ini berdampak pada keberlangsungan organisasi dan besaran alokasi anggaran yang diterima Dinas Perhubungan," ujar Djoko di Jakarta, Senin (10/9/2018).

(BACA JUGA: Aneh! Bukan Tertimpa Batu, Kijang Innova Ini Malah Tertimpa Sapu Hingga Tembus Kaca)

Menurut dia, jarang sekali ada pemda yang mau mengalokasikan di atas 3 persen dari APBD-nya untuk kegiatan di Dishub, kecuali Pemprov. 

"Anggaran yang minim menyebabkan belanja untuk kebutuhan rambu dan marka jalan-jalan wewenang pemda saja tidak mencukupi," bebernya.

Di tataran Kemenhub juga demikian, anggaran untuk Direktorat Jenderal Perhubungan Darat masih minim dibandingkan dengan Ditjen yang lain. 

Menurut dia, tahun 2018 Ditjen Perhubungan Darat hanya memiliki anggaran Rp 4,58 triliun, sedangkan Ditjen Perkeretaapian Rp 17,29 triliun, Ditjen Perhubungan Laut Rp 11,6 triliun dan Ditjen Perhubungan Udara Rp 9,14 triliun.

(BACA JUGA: Tak Disangka! Ini Pembelaan Diri Romano Fenati Usai Tarik Tuas Rem Pembalap Lain)

"Padahal urusan Ditjen Perbungan Darat seluruh Indonesia yang mana mobilisasi orang dan barang banyak dilakukan di darat ketimbang moda yang lain," tuturnya.

Menurut dia, untuk menurunkan angka kecelakaan dan menaikkan angka keselamatan diperlukan anggaran yang memadai.

"Anggaran yang minim tidak bisa berharap banyak untuk mengurangi angka kecelakaan di Indonesia," bebernya.

Untuk itu ia mengimbau, agar pemerintah tidak sekadar kampanye keselamatan, akan tetapi perlu pengawasan rutin terhadap operator angkutan umum, penyiapan inspektur keselamatan, pendidikan berlalu lintas sejak dini.

Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa