Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Penyebab Terjadinya Kebocoran di Sokbreker Depan Motor

Luthfi Anshori - Selasa, 10 Juli 2018 | 08:17 WIB
Sokbeker depan bocor
Anton/GridOto
Sokbeker depan bocor

 

GridOto.com – Meskipun motor sudah rutin melakukan perawatan di bengkel, biasanya ada salah satu bagian yang sering terlewatkan diperiksa, yaitu komponen sokbreker depan.

Kalau sokbreker depan sudah mengalami kebocoran, dampaknya pengendalian motor bisa terganggu dan membahayakan pengendara.

Nah, kalau bagian antara as dan sokbreker depan berminyak, itu artinya ada kebocoran sehingga perlu segera diperbaiki.

Memangnya apa saja sih yang dapat mengakibatkan oli sokbreker motor jadi bocor?

(BACA JUGA:Mau Beli Matik Yamaha? Simak Dulu Daftar Harganya di Bulan Juli 2018)

"Sebab utamanya tentu karena usia pakai dari karet sil sokbreker, sehingga karet getas dan oli rembes. Solusinya ya dilakukan penggantian sil sekaligus diganti oli soknya," terang Haryanto, pemilik bengkel spesialis sokbreker Dewa Motor di Ciganjur, Jakarta Selatan kepada GridOto.com (2/7).

Usia pakainya sendiri bisa tahunan atau tergantung jarak tempuh yang sudah diraih motor, semakin tinggi tentu semakin cepat sil sokbreker perlu diganti.

"Selain usia pakai, umur sil sokbreker bisa lebih pendek kalau motor jarang dibersihkan, terutama pada area sekitar batang as dan sokbreker depan itu sendiri," tambahnya.

Dengan menumpuknya kotoran pada area batang as sokbreker, kerjanya bisa bertambah berat karena pergerakannya jadi terhambat.

Kemudian bagaimana jika motor suka dipakai ngebut atau sering melewati jalan rusak dan berlubang?

"Sejauh yang saya ketahui, faktor seperti gaya berkendara ataupun medan jalan yang sering dilalui tidak berpengaruh banyak pada umur sokbreker," terang Haryanto.

Jika sebelumnya sokbreker depan pernah dibongkar, bisa jadi proses pemasangan kembalinya ada yang tidak pas seandainya kebocoran kembali terjadi.

Editor : Luthfi Anshori

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa