Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pasang Knalpot Valvetronic Aftermarket, Solusi Praktis Atur Suara Knalpot

Antonio Beniah Hotbonar - Selasa, 10 Juli 2018 | 19:23 WIB
Tech Pro Valvetronic Exhaust
Kevin/Tech Pro Valvetronic Exhaust
Tech Pro Valvetronic Exhaust

GridOto.com-Beberapa pabrikan telah melengkapi produknya dengan sistem exhaust yang dibekali katup elektronik yang akan mengatur besar-kecil suara yang dihasilkan mobil.

Untuk mobil yang belum mempunyai teknologi tersebut, saat ini produk aftermarketnya juga dijual di pasaran, beberapa bahkan sudah diproduksi oleh produsen lokal seperti Tech Pro Exhaust.

"Tinggal tekan tombol pada remote untuk mengatur suara knalpot, bisa halus ataupun keras," buka Kevin Dartanto, Owner Tech Pro Exhaust kepada GridOto.com (6/7).

Pada produk Tech Pro Exhaust terdapat dua paket yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, yaitu basic dan full.

"Secara umum ada tiga bagian besar pada pipa gas buang, pertama yang terhubung langsung dengan mesin yaitu header untuk mobil bermesin N/A (Naturally Aspirated) atau down pipe untuk mobil bermesin turbo, kedua yaitu mid pipe atau pipa yang menghubungkan header ke muffler dan yang ketiga adalah muffler," jelas Kevin.

(BACA JUGA: Tips Pilih Cover Bodi Mobil, Perhatikan Dua Hal Ini)

Kevin menambahkan untuk paket basic, penggantian hanya mencakup bagian setelah header, sedangkan untuk paket full, seluruh bagian knalpot mulai dari header hingga muffler akan diganti.

Tentunya kedua paket tersebut juga sudah termasuk dengan valvetronic atau katup elektronis pengubah suara beserta modul dan remot pengaturnya.

Paket yang kedua atau full diklaim dapat menghasilkan suara lebih garang dan tenaga lebih dibanding yang pertama.

"Pengaplikasian knalpot valvetronic tidak bikin tenaga ngempos, malahan jika dilakukan dengan perhitungan yang benar dapat meningkatkan tenaga berkisar antara 10-23 dk," tegas Kevin.

Editor : Dwi Wahyu R.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa