Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mau Dibawa Kemana? Dishub Pergoki Bus yang Asal Ganti Trayek Saat Sidak di Terminal

Ditta Aditya Pratama - Kamis, 7 Juni 2018 | 21:32 WIB
Sidak Dishub di Terminal Tingkir, Salatiga
Tribun Jateng
Sidak Dishub di Terminal Tingkir, Salatiga

GridOto.com - Jangan nyanyi saat membaca judul diatas ya Sob, sebab hal itulah yang ditemukan Dinas Perhubungan saat inspeksi dadakan di Terminal Tingkir, Salatiga, Jawa Tengah.

Pemeriksaan oleh Dishub bekerja sama dengan Satuan Lalu Lintas Polres Salatiga itu dilakukan menyeluruh.

Bus-bus yang baru masuk terminal diberhentikan dan sopir diminta menjalani uji kelaikan kendaraan dengan mengendarai busnya dalam jarak pendek.

"Alhamdulilah semua bus masih laik jalan meski ada satu yang bannya sudah halus dan sudah kami tegur. Sementara satu unit bus kami pergoki beroperasi tidak sesuai trayeknya, tujuan Purwodadi dipakai untuk tujuan Jakarta. Ini tidak boleh, meski permintaan banyak namun operasional bus harus sesuai izin trayeknya," tegas Kepala Satlantas AKP Marlin Supupayu.

(BACA JUGA: Masih Ada yang Jalanan Bergelombang di Jalur Mudik Jawa Barat Selatan, Asal Ngegas Dijamin Serasa Rodeo)

Kepala Dishub Ady Suprapto pada kegiatan itu menambahkan, pemeriksaan kesehatan sopir didominasi catatan tentang tingginya tensi darah para pengemudi bus.

Menurut Kadishub, hal ini bisa dimaklumi karena rata-rata sopir terpaksa mengurangi jam istirahat mengingat peningkatan jumlah penumpang.

"Tujuan digelarnya pemeriksaan ini adalah guna memastikan para sopir dalam keadaan fit. Sementara yang ketahuan memakai narkoba tidak ada, namun yang masih belum lengkap administrasinya ada beberapa dan sudah kami minta perbaiki," jelasnya.

(BACA JUGA: Sering Lihat di Jalan, Tapi Sudah Tahu Belum Kepanjangan DAMRI?)

Kisman (54), seorang sopir bus Harapan Jaya jurusan Gemolong - Cibinong mengatakan ia berusaha untuk istirahat cukup selama bekerja.

Kendati demikian, ia sepakat dengan program Dinas Perhubungan Kota Salatiga yang melakukan cek kesehatan terhadap para sopir, terutama di saat-saat menjelang libur panjang lebaran.

Dalam pemeriksaan kelaikan kendaraan penumpang dan kesehatan sopir di Terminal Tingkir pada Kamis (7/6/2018) sore, Kisman dinyatakan sehat meski tekanan darahnya lumayan tinggi.

Artikel ini telah tayang di Tribunjateng.com dengan judul Dishub Cek Kelaikan Bus di Terminal Tingkir, Ada yang Tepergok Ubah Trayek

Editor : Ditta Aditya Pratama
Sumber : Tribun Jateng

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa