Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mengapa Proses Klaim Garansi Lama? Ini Penjelasannya

Luthfi Anshori - Selasa, 17 April 2018 | 09:59 WIB
Ilustrasi servis Yamaha Mio J
Tribunnews
Ilustrasi servis Yamaha Mio J

GridOto.com - Ketika melakukan klaim garansi, mungkin ada yang bertanya-tanya kenapa motor yang sedang proses klaim, biasanya menginap di bengkel sampai berhari-hari.

Nah, ternyata ada beberapa alasannya, sob.

"Kalau motor yang klaim dan ditinggal cukup lama, biasanya ada dua penyebabnya," buka Saipul selaku Service Advisor Yamaha Deta Ciputat saat dihubungi GridOto.com (16/4).

"Yang pertama, biasanya karena proses analisis kerusakan, misalnya konsumen klaim garansi karena ada suara-suara mengganggu di area mesin, ya itu harus kita cek satu persatu yang mungkin jadi penyebab munculnya suara tersebut," ucap pria yang disapa Ipul ini.

"Karena kita enggak bisa asal menduga-duga, harus dicek seluruhnya, makanya kadang memakan waktu cukup lama," sambung Ipul.

(BACA JUGA:MAXI YAMAHA Tour de Indonesia: Berkunjung ke Candi Muaro Jambi, Candi Terluas di Asia Tenggara)

Faktor kedua berkaitan dengan ketersediaan spare part.

"Karena kita juga enggak mungkin menyetok seluruh spare part motor, apalagi yang slow moving seperti kruk as, blok silinder, dan yang lainnya," kata pria ramah ini.

"Jadi kita harus inden, inden pun memakan waktu karena kita indennya ke pusat dan harus melewati beberapa tahap," ujarnya.

Jadi seperti itu sob, alasan kenapa biasanya klaim garansi memakan waktu cukup lama.

"Tapi kalau spare part siap dan sudah diketahui penyebabnya, seperti dulu banyak terjadi tensioner NMAX bermasalah misalnya, itu kita beberapa jam juga selesai proses klaimnya, dan motor enggak pakai nginap," pungkas Ipul.

Editor : Luthfi Anshori

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa