Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Bahaya Keseringan Terpapar Uap Bensin, Bisa Kena Penyakit Ini

Antonio Beniah Hotbonar - Jumat, 13 April 2018 | 19:42 WIB
Foto ilustrasi Pengisian Bahan Bakar di SPBU
Foto ilustrasi Pengisian Bahan Bakar di SPBU

GridOto.com-Pernahkah Anda berpikir mengenai bahaya yang ditimbulkan akibat terlalu sering terpapar uap bahan bakar saat berada di SPBU atau di bengkel?

"Dalam bensin, terdapat senyawa Benzena yang kadarnya sekitar 0,9%,"  buka Mila Tejamaya, dosen sekaligus peneliti kimia dan toksikologi di Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia kepada GridOto.com.

Benzena merupakan salah satu zat pada bensin yang mudah menguap sehingga orang yang berada di sekitarnya mudah terpapar.

"Kalau dampak bagi pengguna kendaraan yang sedang mengisi BBM sebenarnya tidak terlalu signifikan karena hanya sebentar, yang berpotensi tinggi adalah orang yang secara terus menerus terpapar uap bensin, seperti petugas SPBU," terang Mila yang juga merupakan sekjen Indonesian Industrial Hygiene Association (IIHA).

Nah, orang yang sering terpapar uap bensin ini berisiko terkena kanker dan beberapa penyakit lainnya.

(BACA JUGA: Bagasi BMW X3 Terbaru Bisa Dibuka Menggunakan Kaki)

"Benzena merupakan zat yang bersifat karsinogenik atau dapat memicu penyakit kanker jika terlalu sering mengalami kontak dengan tubuh manusia," lanjut Mila sambil tersenyum.

Contoh dampak negatif paparan uap bensin pada tubuh manusia secara terus menerus antara lain gangguan pada sistem saraf pusat sehingga menyebabkan pusing, depresi, kehilangan kesadaran bahkan sampai kematian.

"Walaupun bensin bukan merupakan iritan yang kuat, tapi dapat mengiritasi pada saluran pernapasan dan mata, oleh karena itu bila terciprat pada mata segera dibasuh dengan air bersih yang mengalir," terang Mila lagi.

Editor : Dwi Wahyu R.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa