Vespa Klasik Ini Dibikin Buat Hancurin Kendaraan Lapis Baja, Tampangnya Enggak Lazim

Naufal Nur Aziz Effendi - Sabtu, 30 September 2023 | 14:00 WIB

Penampakan Vespa TAP 150, Vespa klasik yang dibikin buat menjebol armor kendaraan lapis baja.JPG (Naufal Nur Aziz Effendi - )

GridOto.com - Vespa 150 TAP yang diproduksi pada tahun 1950-an hadir dengan tampilan tidak lazim kalau dibandingkan vespa klasik masa itu.

Kalau misalnya kebanyakan Vespa klasiku punya tampilan elegan, Vespa 150 TAP ini didesain untuk jadi kendaraan militer pengangkut senjata anti-tank.

Menilik sejarahnya, Vespa 150 TAP yang memiliki kepanjangan Troupes Aéro Portées ini memang merupakan varian Vespa untuk kebutuhan perang.

Senjata M20 Recoilless Rifle kaliber 75 mm yang digendongnya diklaim mampu menjebol armor kendaraan lapis baja setebal 100 mm.

Vespa Tacnica
detail tampilan Vespa TAP 150.

Pertama kali diperkenalkan pada 1956 dan mendapatkan update pada 1959, skuter ini digunakan Pasukan Lintas Udara Perancis.

Latar bekalang diproduksinya kendaraan ini karena pada masa itu, Angkatan Perang Perancis membutuhkan ranpur portable untuk taktik gerilya saat Perang Aljazair 1954-1962.

Vespa 150 TAP akhirnya dibuat oleh ACMA (Ateliers de Construction de Motocycles et Automobiles) yang merupakan perakit Vespa di Perancis.

la stampa
Vespa versi kendaraan militer ini juga bisa dipasangi troli untuk menambah daya angkut.

Baca Juga: Riding Bareng Komunitas Vespa Ternyata Ganjar Pranowo Bukan Pakai Skuter Bikinan Vespa, Coba Tebak Apa