Motor Lawan Arah di Lenteng Agung Masih Menjamur, Enggak Ada Kapoknya Usai Terjadi Kecelakaan

Naufal Nur Aziz Effendi - Rabu, 23 Agustus 2023 | 16:05 WIB

Tangkap layar banyaknya pemotor yang lawan arah di Jalan Lenteng Agung arah Depok, padahal sehari sebelumnya ada kecelakaan truk tabrak 7 motor. (Naufal Nur Aziz Effendi - )

GridOto.com - Motor lawan arah di Jalan Raya Lenteng Agung arah Depok, Jakarta Selatan masih menjamur pada Rabu (23/6/2023) pagi.

Padahal tepat sehari sebelumnya, ada peristiwa kecelakaan yang melibatkan satu unit truk menabrak tujuh motor yang melawan arah di kawasan tersebut.

Berdasarkan video yang diunggah akun Instagram @jakarta.terkini, selain motor melawan arah ada juga pengendara yang sampai naik ke trotoar.

Terkait hal tersebut, perilaku melawan arus lalu lintas sebaiknya dihindari pengguna jalan karena bisa menimbulkan berbagai dampak buruk misalnya:

1. Kecelakaan frontal

Melawan arus lalu lintas meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan frontal akibat kendaraan yang melaju saling bertabrakan dari arah berlawanan, yang dapat mengakibatkan cedera serius sampai kematian.

2. Reaksi tidak terduga oleh pengendara lain

Pengendara lain yang mematuhi aturan lalu lintas tentunya tidak mengharapkan adanya kendaraan yang melawan arus.

Hal ini dapat menyebabkan situasi yang membingungkan dan berpotensi memicu reaksi yang salah, seperti pengereman tiba-tiba atau manuver yang berbahaya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Jakarta Terkini (@jakarta.terkini)

Baca Juga: Bikin Video Cegat Motor Lawan Arah, Pasukan Ojol Bikin YouTuber Mati Kutu

3. Risiko belokan dan persimpangan