Fabio Quartararo Ngeluh Bentuk Motor MotoGP Yamaha Masih Terlalu 'Motor,' Emang Harusnya Gimana?

Muhammad Rizqi Pradana - Kamis, 10 Agustus 2023 | 08:00 WIB

Fabio Quartararo ngeluh motor MotoGP Yamaha bentuknya masih terlalu 'motor,' emang harusnya seperti apa? (Muhammad Rizqi Pradana - )

GridOto.com - Tidak ada yang memungkiri kalau performa para pabrikan Jepang masih jauh di bawah ekspektasi pada MotoGP 2023 ini.

Di atas kertas, Honda masih sedikit lebih baik dari Yamaha karena masih bisa mencetak kemenangan lewat Alex Rins pada MotoGP Amerika 2023 lalu.

Meskipun secara keseluruhan, baik Honda maupun Yamaha masih jauh tertinggal dibandingkan para pabrikan Eropa musim ini.

Menanggapi hal tersebut, Fabio Quartararo pun memberikan satu perbedaan besar antara Yamaha dengan para pabrikan Eropa yang bisa jadi merupakan alasan terbesar ketertinggalan mereka.

"Motor kami masih bentukannya masih seperti motor, sementara motor mereka bentuknya sudah bukan seperti motor lagi," ucap Quartararo dikutip dari Speedweek.com, Rabu (9/8/2023).

Meskipun tidak berbicara spesifik, tidak sulit menebak kalau hal yang dimaksud Quartararo adalah semua perangkat aerodinamika yang ada pada motor-motor MotoGP Eropa.

Dibandingkan Aprilia, KTM, apalagi Ducati, Honda dan Yamaha memang bisa dibilang jauh tertinggal soal pengembangan aerodinamika.

Hanya saja, Quartararo mengatakan kalau mereka tidak bisa sembarangan memasang perangkat aerodinamika yang ekstrem pada motor mereka.

Setidaknya, sebelum Yamaha bisa memproduksi mesin yang lebih bertenaga lagi untuk motor MotoGP mereka.

Baca Juga: Marc Marquez dan Fabio Quartararo Tertawakan Nasib di MotoGP Inggris 2023, Honda dan Yamaha yang Malu