Kenalan Sama Lexus LBX, Mobil Baru Yaris Cross TNGA Berjubah Lexus

Rayhansyah Haikal Wishnumurti - Selasa, 6 Juni 2023 | 20:40 WIB

Lexus LBX telah meluncur sebagai mobil baru terkecil di lineup Lexus. (Rayhansyah Haikal Wishnumurti - )

GridOto.com - Lexus telah memperkenalkan Lexus LBX sebagai mobil baru SUV terkecil di lineup global Lexus (5/6).

Lexus LBX meluncur untuk mengisi slot di bawah Lexus NX dan Lexus UX serta menjadi mobil entri untuk konsumen yang ingin memiliki Lexus.

Lexus menyebut inspirasi dibalik hadirnya mobil baru Lexus LBX dimulai dari visi Chairman Toyota, Akio Toyoda, yang ingin meredefinisi arti dari mobil mewah.

Dari visi tersebut, Lexus 'turun gunung' membawa kemewahan Lexus di kelas yang diisi oleh Honda HR-V, Hyundai Kona, dan Nissan Kicks.

"Inspirasi ini bermula dari sepatu olahraga Akio," kata Simon Humphries, Operating Officer dan Chief Branding Officer Lexus.

Lexus
Lexus LBX membawa platform yang serupa dengan Toyota Yaris Cross TNGA.

Baca Juga: Fitur-Fitur Lexus LM Ini Bisa Manjakan Penumpang Belakang, Canggih!

"Ia bertanya kenapa tidak membuat sebuah mobil yang mendobrak hierarki kemewahan seperti di dunia fashion. Kalau LM itu jas mewah, LFA itu baju balap, apa jawaban Lexus yang setara dengan baju sehari-hari?" tambah Humphries.

Tentu untuk membuat Lexus untuk sehari-hari ini, Lexus mengambil platform Toyota New Global Architecture (TNGA)-B serupa dengan Toyota Yaris Cross.

Secara dimensi, Lexus LBX tidak berbeda jauh dari Yaris Cross yaitu panjang 4.190 mm, lebar 1.825 mm, tinggi 1.560 mm, dan wheelbase 2.560 mm.