Dimulai Hari Ini, Menko PMK Beberkan Strategi Pemerintah Hadapi Puncak Arus Balik Lebaran 2023

Naufal Nur Aziz Effendi - Senin, 24 April 2023 | 13:30 WIB

Puncak arus mudik telah berlalu, kini pemerintah berfokus untuk menghadapi arus balik Lebaran 2023, Menko PMK beberkan sejumlah strateginya. (Naufal Nur Aziz Effendi - )

GridOto.com - Pada periode mudik Lebaran 2023, lebih dari 123 juta orang melakukan perjalanan mudik, meningkat 14,2 persen dibandingkan tahun sebelumnya yang cuma 85,5 juta orang.

Puncak arus mudik telah berlalu dengan lancar, kini pemerintah sedang fokus pada strategi untuk menghadapi arus balik Lebaran 2023.

Menurut Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, puncak arus balik diperkirakan akan terjadi pada tanggal 24-25 April dan 30 April-1 Mei 2023, dengan perkiraan sebanyak 203 ribu kendaraan yang masuk ke Ibukota Jakarta.

"Hanya pada waktu arus balik harus kita antisipasi karena ada kemungkinan pemusatan mudik itu puncak arus balik itu di hari Selasa, yang itu kemungkinan akan masuk ke Ibukota dan sekitarnya ada sekitar 203.000 kendaraan per hari dari arah timur Jakarta, Tol Trans Jawa, dan dari Arah Bandung, diperkirakan akan melalui Tol Jakarta Cikampek di KM 66," Jelas Muhadjir dalam keterangannya, Minggu (23/4/2023).

Untuk mengantisipasi arus balik Lebaran, pemerintah telah menyiapkan strategi seperti melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan menerapkan rekayasa lalu lintas seperti saat arus mudik Lebaran.

"Semua pihak yang terlibat harus menggencarkan sosialisasi anjuran untuk perjalanan balik pada arus balik nanti, seperti halnya yang dilakukan secara masif di arus mudik untuk menganjurkan masyarakat mudik lebih awal, yang berhasil memecah kepadatan puncak arus mudik," Kata Muhadjir.

Pemerintah juga telah bekerja sama dengan pengelola jalan tol Trans Jawa dan Trans Sumatera, seperti PT Jasamarga Trans Jawa Tol, PT Marga Mandalasakti, PT Lintas Marga Sedaya, PT Pejagan Pemalang Tol Road, PT Jasa Marga Semarang Batang, PT Semesta Marga Raya, PT Pemalang Batang dan PT Hutama Karya, untuk memberikan diskon kepada pengguna jalan tol pada tanggal 27 sampai 29 April 2023.

"Untuk ruas tol Kalikangkung hingga Cikampek Utama tadi pagi telah disepakati dengan Badan Usaha Jalan Tol, akan kami berikan potongan sebesar 20 persen kepada pemudik yang akan kembali ke Jakarta untuk kendaraan golongan 1, berlaku mulai 27 hingga 29 April," Tuturnya.

Adapun rekayasa lalu lintas yang dilakukan yaitu:

Baca Juga: Menhub Usulkan Full One Way Saat Arus Balik Lebaran, Pemudik Diminta Pulang 26-28 April 2023