Yamaha E01 Diklaim Puaskan Konsumen Selama Masa Uji Coba, Berharap Motor Listrik Ini Harganya Mepet NMAX

Muhammad Ermiel Zulfikar - Kamis, 13 April 2023 | 17:05 WIB

Yamaha E01 sudah dicoba ratusan konsumen, sejak kegiatan tes pasar untuk motor listrik ini digulirkan pada November 2022 lalu. (Muhammad Ermiel Zulfikar - )

GridOto.com - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengklaim motor listrik E01 berhasil menyita perhatian publik, selama beberapa bulan masa uji cobanya di Tanah Air.

Sebanyak ratusan konsumen dari sejumlah wilayah sudah mencoba Yamaha E01, terhitung sejak kegiatan tes pasar bertajuk Proof of Concept (PoC) dimulai pada November 2022 lalu.

Menurut Assistant General Manager Marketing-Public Relations YIMM, Antonius Widiantoro, kebanyakan dari mereka mengaku puas dengan performa maupun fitur yang dimiliki motor listrik tersebut.

Pihaknya pun menargetkan sebanyak empat ribu orang untuk bisa mencoba Yamaha E01, kemudian hasil dari tes pasar ini akan dijadikan bahan pengembangan produk sebelum resmi dilepas ke publik.

"Perkembangan tes Yamaha E01 itu kurang lebih 600 sampai 700 konsumen yang sudah mencoba di empat daerah, dari target kami empat ribu orang," ujar Anton kepada awak media, Rabu (12/4/2023).

"Ternyata lebih dari 90 persen yang sudah mencoba Yamaha E01 mengaku puas. Dari situ kami bisa melihat apa kebutuhan mereka, bagaimana perasaan mereka terhadap sebuah kendaraan listrik," imbuhnya saat berada di kawasan Tangerang, Banten.

Disebutkan juga mayoritas konsumen yang sudah mencoba Yamaha E01 tertarik melakukan pembelian, asalkan harga yang ditawarkan sesuai dengan ekspetasi mereka.

Adapun harga ideal untuk motor listrik prototipe tersebut, berdasarkan hasil survei Yamaha kepada para konsumennya berada di kisaran Rp 30 juta hingga Rp 40 juta.

Baca Juga: Yamaha Cari 4 Ribu Orang Untuk Coba Motor Listrik E01 di Indonesia, Mau Ikutan? Begini Caranya

"Ketika ditanya kemungkinan untuk melakukan pembelian pun mereka mau, asal harganya cocok. Berapa harganya? Mereka bikin untuk Yamaha E01 itu dengan kisaran harga Rp 30 sampai 40 juta," tutur Anton lagi.

"Artinya, kalau dijual dengan harga segitu kemungkinan mereka melakukan pembelian akan lebih besar. Tapi kan kembali lagi ekspetasi konsumen terhadap E01 dan kami berusaha untuk membaca itu," pungkasnya.

Kisaran harga yang diminta konsumen ini, bisa dikatakan terpaut tipis atau mepet dengan Yamaha NMAX 155 yang menjadi tulang punggung penjualan mereka di Tanah Air.

Sebagai gambaran, Yamaha NMAX 155 memiliki banderol mulai Rp 31,615 juta hingga Rp 35,75 juta on the road (OTR) DKI Jakarta untuk periode April 2023.