Masih Jadi Wacana, Tapi Pemkab Jepara Ingin Jalan Tol Demak-Jepara Segera Direalisasikan

Ruditya Yogi Wardana - Selasa, 14 Maret 2023 | 16:50 WIB

Ilustrasi jalan tol. (Ruditya Yogi Wardana - )

GridOto.com - Pemerintah Pusat memang belum menggaungkan wacana pembangunan proyek Jalan Tol Demak-Jepara, Jawa Tengah hingga sekarang.

Hal ini dikarenakan proyek Jalan Tol Demak-Jepara diperkirakan membutuhkan dana yang besar, ditaksir mencapai Rp 15 miliar.

Walau demikian, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara merasa kalau wacana proyek Jalan Tol Demak-Jepara bisa saja direalisasikan sesegera mungkin.

Hanya saja, Pemerintah Pusat perlu menggaet investor agar pembangunan jalan tol yang menghubungkan Demak dan Jepara tersebut bisa segera dilakukan.

Anggapan ini juga semakin diperkuat dengan hasil analisis dari Kementerian PUPR, yakni Kota Ukir layak untuk diberi akses jalan tol pada 2030 mendatang.

Kendati demikian memang perlu waktu lama untuk Pemerintah Pusat merealisasikan wacana jalan tol itu, jika menggunakan dana APBN.

Tapi Sekda Jepara, Edy Sujatmiko menilai kalau pembangunan bisa dilakukan sesegera mungkin kalau Pemerintah Pusat bisa menggaet investor yang mau diajak bekerja sama membangun jalan tol ini.

Terlebih Kabupaten Jepara sangat membutuhkan akses jalan tol, karena letaknya terbilang terisolir dan bukan wilayah perlintasan.

"Jalan tol bisa mempercepat transportasi ke Jepara, jadinya akses menuju Jepara semakin terbuka," jelas Edy, dikutip dari Tribunmuria.com, Senin (13/03/2023).

Baca Juga: Jangan Sampai Disebut Lane Hogger, Pahami Yuk Etika Berkendara di Lajur Kanan Jalan Tol