Jangan Dekati Bule Naik Motor, Awas Kelakuannya Mirip Emak-emak

Naufal Nur Aziz Effendi - Selasa, 14 Maret 2023 | 11:42 WIB

Sering dijumpai bule naik motor kerap melakukan pelanggaran lalu lintas, pakar safety imbau sebaiknya jangan didekati. (Naufal Nur Aziz Effendi - )

GridOto.com - Belakangan ini sedang heboh soal banyaknya bule naik motor yang tidak menaati peraturan lalu lintas.

Bule atau turis asing yang naik motor tidak taat aturan ini kerap ditemui di kawasan wisata, khususnya di Bali.

Kelakuan buruk saat bule naik motor tersebut bahkan beberapa kali viral di media sosial.

Beberapa pelanggaran yang sering dilakukan para wisatawan asing itu di antaranya tidak pakai helm, ganti pelat nomor sembarangan, melanggar lampu lalu lintas, dan sebagainya.

Dalam beberapa unggahan bahkan dijumpai para bule tersebut baru belajar motor, tapi sudah nekat berkendara di jalan raya.

Banyaknya aturan lalu lintas yang dilanggar tadi rasanya juga tidak salah kalau disamakan dengan kelakuan emak-emak yang dianggap netizen suka semaunya sendiri saat berkendara di jalan raya.

Terkait banyaknya pengendara bule yang masih banyak belum taat aturan di atas, bagaimana kita menyikapinya?

Melansir dari Kompas.com, Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana mengatakan, ketika bertemi dengan bule naik motor, sebaiknya pengendara tetap memprioritaskan keselamatan di jalan.

"Lebih baik menghindar dan mencari jalan yang aman. Mengenai urusan pengendara yang ugal-ugalan, tentu ada pihak berwajib yang mengambil tindakan," kata Agus, dikutip dari Kompas.com, Senin (13/3/2023).

Baca Juga: Ramai Pemotor Bule Pakai Pelat Palsu di Bali, Sandiaga Uno Siap Tindak Tegas