Sudah Masuk Maret 2023 SIM C1 Kapan Berlaku, Polisi : Ikan Sepat Ikan Gabus, Lebih Cepat Lebih Bagus

M. Adam Samudra - Senin, 13 Maret 2023 | 12:02 WIB

Hunter Scrambler SK500 yang sudah dinantikan oleh Polresta Malang Kota untuk ujian praktik SIM C1. (M. Adam Samudra - )

GridOto.com - Direktur Regident Korlantas Polri Brigadir Jenderal Polisi Yusri Yunus mengklaim uji coba SIM C1 di Polres Cirebon sudah mulai berlangsung.

"Sudah uji coba di Polres Cirebon," kata Yusri melalui pesan singkat kepada GridOto.com, Senin (13/3/2023).

Dengan begitu, apabila sudah dilakukan uji coba, tidak menutup kemungkinan Satpas Prototype lain juga sudah mulai memberlakukan.

"Ikan sepat ikan Gabus, jangan lupa makan ikan Lele lebih cepat lebih bagus, jangan bertele-tele," paparnya seraya berpantun.

Namun fakta berbeda disampaikan oleh Kasat Lantas Polres Cirebon Kota (Ciko), AKP Triyono yang mengatakan bahwa pihaknya belum berlakukan uji coba SIM C1.

Adam Samudra
Diregident Korlantas Polri Brigjen Pol Yusri Yunus. Akan ada aturan baru untuk nomor rahasia

Meski demikian, Triyono memastikan meski sudah mendapatkan 2 unit moge, hingga saat ini pengujian SIM C1 belum dilaksanakan karena belum ada perintah dan aturan resminya

"Belum (uji coba) memang unitnya sudah ada dua, tapi untuk launching- nya belum kami masih menunggu. Kemarin dari Korlantas sudah cek juga ke sini," kata Triyono saat dihubungi secara terpisah.

Sekadar informasi, SIM C akan terdiri dari tiga golongan.

Baca Juga: Polresta Malang Kota Tunggu Kiriman Hunter Scrambler SK500 untuk Uji Praktik SIM C1

Di antaranya SIM C untuk sepeda motor maksimal 250 cc, SIM C1 untuk mesin motor 250 sampai dengan 500 cc, dan SIM C2 untuk mesin motor di atas 500 cc.

Hal itu sesuai dengan Peraturan Kepolisian Negara nomor 5 tahun 2021 tentang Penerbitan dan Penandaan Surat Izin Mengemudi.

Adapun syarat untuk naik kelas ke SIM C1 adalah pemohon harus memegang SIM C terlebih dahulu paling tidak selama satu tahun.