Kreatif! Ratusan Knalpot Brong Bekas Disulap Jadi Patung Hanoman Setinggi Tiga Meter

Ruditya Yogi Wardana - Selasa, 7 Maret 2023 | 16:05 WIB

Ratusan knalpot brong bekas disulap oleh pria asal Tegal, Umar Mustofa menjadi patung Hanoman setinggi 3 meter. (Ruditya Yogi Wardana - )

GridOto.com - Knalpot brong yang biasanya memekakkan telinga pengendara di jalan karena suara kerasnya, justru bisa jadi karya seni yang bisa dinikmati oleh banyak orang.

Seperti yang dilakukan oleh pria asal Kota Tegal, Jawa Tengah bernama Umar Mustofa (33), yang menyulap ratusan knalpot brong bekas menjadi patung Hanoman setinggi tiga meter.

Umar bercerita kalau pembuatan patung Hanoman dari knalpot brong bekas ini, merupakan pesanan salah satu konsumen dari Tulungagung, Jawa Timur.

Lalu untuk pengerjaannya, terhitung memakan waktu kurang lebih selama 1,5 bulan dengan dibantu oleh satu rekannya.

Wajar saja pengerjaan patung tersebut memakan waktu yang cukup lama, mengingat bahan baku yang dipakai merupakan knalpot brong bekas yang harus diproses terlebih dulu.

"Ini kalau sudah kelihatan bentuk sempurnanya, tinggal dikirim ke Tulungagung," ujar Umar, dikutip dari Tribunmuria.com, Selasa (07/03/2023).

Lanjut menurut Umar, selama pengerjaan dirinya tidak dibuat pusing untuk mencari bahan baku, karena langsung disuplai oleh pemesan patung.

Sehingga pria asal Tegal dan rekannya tersebut tinggal mengerjakan desain, kemudian merakitnya hingga menjadi patung Hanoman.

Menariknya untuk membuat patung setinggi tiga meter ini, Umar dan rekannya membutuhkan sekitar 200 buah knalpot brong bekas.

"Sekitar 200-an knalpot brong bekas yang saya pakai, bahan bakunya semua dari pemesan," jelasnya.