Kejar Target Mudik Lebaran 2023, Pengerjaan Rest Area Jalan Tol Indralaya-Prabumulih Dikebut!

Ruditya Yogi Wardana - Senin, 6 Maret 2023 | 12:36 WIB

Ilustrasi jalan tol. (Ruditya Yogi Wardana - )

GridOto.com - PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) berupaya untuk mempercepat pengerjaan Jalan Tol Indralaya-Prabumulih, guna mengejar target fungsional pada mudik Lebaran 2023.

Mulai dari pengerjaan konstruksi main road, yang nantinya digunakan para pengguna Jalan Tol Indralaya-Prabumulih.

Hingga pengerjaan rest area Jalan Tol Indralaya-Prabumulih, yang akan dimanfaatkan oleh para pengemudi untuk beristirahat.

Untuk pengerjaan rest area, yang sedang difokuskan HKI yakni pembangunan masjid dan toilet agar bisa digunakan masyarakat saat mudik Lebaran 2023 nanti.

Selo Tjahjono selaku Direktur Operasi III HKI menuturkan, sebetulnya pembangunan konstruksi jalan tol ini sudah hampir selesai.

"Progres konstruksinya per akhir Februari 2023 mencapai 94,76 persen," ucap Selo, dikutip dari Kompas.com, Kamis (02/03/2023).

Lanjutnya, HKI juga menggunakan beberapa inovasi untuk pembangunan Jalan Tol Indralaya-Prabumulih, seperti penggunaan geofoam saat mengerjakan oprit jembatan.

Geofoam merupakan material geosintetik yang terbuat dari Expanded Polystyrene dan Extruded Polystyrene, yang digunakan sebagai pengganti material timbunan di belakang oprit.

Dengan menggunakan material geofoam, maka mutu oprit jembatan bisa dikontrol dengan mudah dan tidak terpengaruh cuaca.

"Tak cuma sampai situ, penggunaan geofoam diharapkan bisa meminimalisir penurunan oprit selama jalan tol dioperasikan," papar Selo.