Hari Terakhir Operasi Keselamatan Jaya 2023, Polisi Tilang Enam Ribu Lebih Pelanggar

M. Adam Samudra - Senin, 20 Februari 2023 | 13:40 WIB

Penindakan E-TLE Mobile milik Satlantas Polres Metro Jakarta Pusat (M. Adam Samudra - )

GridOto.com - Di hari terakhir Operasi Keselamatan Jaya 2023, Ditlantas Polda Metro Jaya sudah menindak sebanyak enam ribu lebih kendaraan melalui tilang elektronik (E-TLE).

Menurut Kabag Ops Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Dermawan Karosekali, data tersebut terhitung dari tanggal 7-19 Februari 2023.

"Iya benar, selama 13 hari yang sudah dikenakan tilang elektronik itu ada sebanyak 6.613 kendaraan, sementara untuk peneguran ada 38.125 kali," kata Karosekali saat dihubungi GridOto.com, Senin (20/2/2023).

Menurutnya, dari data tersebut pelanggar didominasi pengendara tidak pakai Helm, melawan arus dan tidak pakai seat belt.

Karosekali berharap Operasi Keselamatan Jaya 2023 dapat menekan angka kecelakaan karena minimnya keselamatan dalam berkendara.

"Tetaplah tertib berlalu lintas demi keselamatan bersama," ujarnya.

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Fadil Imran, menjelaskan bahwa operasi tersebut digelar dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tertib dalam berlalu lintas.

"Hari ini kami melaksanakan apel gelar pasukan Ops Keselamatan Jaya 2023 untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalan berlalu lintas," ujar Fadil di Lapangan Presisi Ditlantas Polda Metro Jaya, Selasa (7/2/2023).

Baca Juga: Hanya 268 Ribu Bayar Denda Tilang Elektronik dari 42 Juta Pengendara Tercapture Sepanjang 2022

Menurut Fadil, Operasi Keselamatan Jaya 2023 telah mengedepankan sanksi teguran bagi pengendara yang kedapatan melanggar aturan lalu lintas.

Sesuai instruksi Kapolri, tidak ada tilang manual yang dilakukan oleh petugas di lapangan.

Fadil menyebut, penindakan dengan sanksi tilang bagi pelanggar aturan lalu lintas hanya dilakukan secara elektronik, menggunakan Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE).