Gerbang Tol KM 149 Tol Purbaleunyi Dibuka Sebelum Lebaran 2023, Akses ke Majid Raya Al Jabbar Jadi Mudah

Ruditya Yogi Wardana - Rabu, 15 Februari 2023 | 14:52 WIB

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil pastikan GT Km 149 Tol Purbaleunyi bisa dibuka sebelum Lebaran 2023 mendatang. (Ruditya Yogi Wardana - )

GridOto.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) memastikan gerbang tol (GT) KM 149 Tol Purbaleunyi bakal diresmikan, dan bisa dilewati kendaraan umum sebelum Lebaran 2023.

Keberadaan GT Km 149 Tol Purbaleunyi ini jelas bisa menguntungkan masyarakat, mengingat aksesnya terhubung dengan kawasan Summarecon, Masjid Raya Al Jabbar, Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) dan kawasan lainnya.

Kabar dibukanya GT Km 149 Tol Purbaleunyi yang ada di kawasan Gedebage, Kota Bandung tersebut juga dibenarkan oleh Gubernur Jabar, Ridwan Kamil yang mengaku mendapat informasinya dari Kementerian PUPR.

Dengan demikian, arus lalu lintas menuju Masjid Raya Al Jabbar bisa lebih mudah, dan kendaraan roda empat atau lebih yang mau masuk ke Jalan Tol Purbaleunyi bisa lewat GT KM 149 yang ada di Gedebage ini.

Selain membukan akses GT KM 149, Pemprov Jabar juga sebetulnya sudah berusaha membuka jalan-jalan baru yang mempermudah akses ke masjid tadi.

Sebut saja Jalan Gedebage Selatan, Jalan Soekarno-Hatta dan Jalan Tol Purbaleunyi yang aksesnya terhubung ke Masjid Raya Al Jabbar.

"Kementerian PUPR sudah menyampaikan KM 149 untuk akses ke Masjid Raya Al Jabbar bisa digunakan sebelum Lebaran 2023," ungkap pria yang akrab disapa Kang Emil itu, dikutip dari Tribunjabar.id, Senin (13/02/2023).

Secara terpisah Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jabar, Bambang Tirtoyuliono menyebutkan sekarang akses utama menuju Masjid Raya Al Jabbar cuma Jalan Cimincrang yang terhubung ke kawasan Stadion GBLA dan Jalan Soekarno-Hatta.

Hanya saja Jalan Cimincrang punya dua lajur, sehingga berpotensi untuk menyebabkan kemacetan kalau arus lalu lintas sedang padat.

Baca Juga: Hati-hati Ada Pembongkaran Overpass di Jalan Tol Cipularang, Jasa Marga Terapkan Rekayasa Lalu Lintas