Ada Jalan Tol Cisumdawu, Pemkab Sumedang Ingin Jalan Raya Cimalaka Naik Statusnya

Ruditya Yogi Wardana - Rabu, 8 Februari 2023 | 16:46 WIB

Hadirnya Jalan Tol Cisumdawu, membuat Pemkab Sumedang ingin Jalan Raya Cimalaka dinaikkan statusnya. (Ruditya Yogi Wardana - )

GridOto.com - Hadirnya Jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) membuat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumedang, Jawa Barat ingin status Jalan Raya Cimalaka dinaikkan jadi jalan nasional.

Mengingat Jalan Raya Cimalaka terhubung dengan Gerbang Tol (GT) Cimalaka, yang jadi akses keluar-masuk Jalan Tol Cisumdawu.

Apalagi jalan tersebut tergolong sempit, sehingga bisa menyulitkan para pengemudi yang mau keluar dari Jalan Tol Cisumdawu ke Jalan Nasional Bandung-Cirebon.

Dengan begitu, maka Pemkab Sumedang berharap Jalan Raya Cimalaka bisa dilebarkan kalau statusnya naik jadi jalan nasional.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumedang, Herman Suryatman menyebutkan usulan tadi sebetulnya sudah disampaikan jauh-jauh hari ke Kementerian PUPR.

Survei lapangan juga sudah dilakukan, dan ditemukan fakta kalau jalan itu bisa jadi titik rawan kemacetan kalau tidak segera dilebarkan.

"Harus ada treatment khusus dari Pemerintah Pusat, seperti dilebarkan serta diperbaiki dari sisi kualitas dan fasilitasnya," ujar Herman, dikutip dari Tribunjabar.id, Selasa (07/02/2023).

Menurut Herman, dengan meningkatnya kualitas jalan jadi lebih baik maka bisa membantu membangkitkan perekonomian warga sekitar.

Hanya saja pernyataan berbeda dilontarkan Bagus Medi selaku Direktur Teknik PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT), yang mengatakan kalau usulan pelebaran Jalan Raya Cimalaka tidak pasti akan dilakukan.

Baca Juga: Tidak Akan Ada Pelebaran Jalan, Truk dan Kendaraan Besar Dilarang Melintas di Gerbang Tol Cimalaka

Malahan untuk menghindari kemacetan, ia lebih memilih untuk menerapkan pengaturan lalu lintas saja.

Contohnya yang sudah diterapkan, yakni truk, bus dan kendaraan besar lainnya dilarang keluar-masuk Jalan Tol Cisumdawu via GT Cimalaka.

"Usulannya ada, tapi enggak pasti (dikerjakan)," tutup Bagus.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Ada Gerbang Tol Cisumdawu, Pemkab Sumedang Sudah Usulkan Jalan Cimalaka Berubah Jadi Jalan Nasional.