Fakta Baru Terungkap, Valentino Rossi Ternyata Nyaris Gabung Suzuki Hingga Mau Dibuatkan Markas di Italia

Rezki Alif Pambudi - Senin, 26 Desember 2022 | 14:50 WIB

Valentino Rossi sempat hampir gabung Suzuki di MotoGP sedekade silam (Rezki Alif Pambudi - )

GridOto.com - Valentino Rossi pernah punya kesempatan besar untuk bergabung dengan tim Suzuki di MotoGP pada satu dekade silam.

Hal itu diungkap langsung oleh mantan manajer Suzuki, Davide Brivio, yang pernah memimpin tim Yamaha MotoGP usai Valentino Rossi hengkang dari Honda.

Davide Brivio jadi manajer Yamaha sampai 2010 silam, lalu keluar bersamaan dengan Valentino Rossi yang mencoba peruntungan di Ducati pada musim 2011-2012.

Pada 2012 awal, Brivio dihubungi oleh Shinichi Sahara yang mengabarkan soal rencana Suzuki untuk kembali ke MotoGP.

Sebagaimana diketahui, kala itu Suzuki belum lama keluar dari MotoGP setelah menjalani musim terakhirnya pada 2011.

"Kita mulai ceritanya dari 2011, ketika sebelumnya aku bekerja untuk Valentino. Aku juga keluar dari Yamaha pada akhir 2010 seperti dia," kata Brivio dilansir GridOto.com dari Slick-Magazine.

"Suzuki keluar MotoGP pada akhir 2011, tapi paddock tahu mereka sebenarnya mau keluar sejak 2011, jadi mereka balapan dengan satu pembalap untuk menghormati kontrak dengan Dorna," jelasnya.

Shinichi Sahara awalnya hanya mengabarkan kepada Brivio soal kembalinya Suzuki, serta menanyakan bagaimana kabar Valentino Rossi yang saat itu kesulitan dengan motor Ducati.

"Saat itu aku tak berpikir akan gabung Suzuki. Pada awal 2012 Shinichi Sahara menghubungiku dan bilang Suzuki akan kembali pada 2014, dia bertanya apa Valentino tertarik bergabung dengan proyek ini," ungkap Brivio.

Baca Juga: Masuk F1 Saja Belum, Andretti Autosport Sudah Pikirkan Siapa Calon Pembalapnya di Formula 1