Didepak dari Jabatan Bos Tim Ferrari, Ini Dia Kesalahan Mattia Binotto

Fendi - Rabu, 30 November 2022 | 03:05 WIB

Mattia Binotto akan meninggalkan jabatannya sebagai bos tim Ferrari pada 31 Desember 2022 (Fendi - )


GridOto.com – Ferrari secara resmi mengumumkan pada hari Selasa (29/11/2022) bahwa Mattia Binotto akan mengundurkan diri sebagai bos tim pada 31 Desember 2022. Apa yang salah dengan pria berusia 53 tahun ini?

Pernyataan tim kuda jingkrak itu menyusul desas-desus dalam beberapa minggu terakhir, bahwa posisi bos tim Ferrari yang dipegang Mattia Binotto berada di bawah tekanan.

Mattia Binotto yang telah bersama tim selama 28 tahun, mengatakan bahwa, "Dengan penyesalan, saya telah memutuskan untuk mengakhiri kolaborasi saya dengan Ferrari."

Pria kelahiran Lausanne, Swiss ini awalnya bergabung dengan tim Ferrari pada tahun 1995 sebagai engine engineer.

Binotto naik pangkat menjadi kepala departemen mesin pada 2013 dan kemudian chief technical officer pada 2016, sebelum menggantikan Maurizio Arrivabene sebagai bos tim pada 2019.

Kehadiran Mattia Binotto yang lebih tenang dari Arrivabene, diharapkan dapat membantu tim Ferrari merebut gelar pertama mereka sejak 2008.

Tahun pertama Binotto bertugas kontroversial, dengan Ferrari yang kompetitif - terutama di kualifikasi - tetapi juga terlibat dalam skandal mesin, mencapai kesepakatan dengan FIA setelah musim berakhir.

Ferrari mengubah taktik pada tahun 2020 dengan desain mobil yang gagal secara spektakuler, mengalami musim terburuk mereka dalam empat dekade.

Yaitu ketika di akhir musim, tim Ferrari berada di urutan enam klasemen konstruktor.

Baca Juga: Breaking News! Mattia Binotto Resmi Mundur dari Ferrari

Kemudian pada musim berikutnya tim berjuang di papan tengah, ketika Binotto membuat keputusan untuk mengganti juara dunia F1 empat kali Sebastian Vettel dengan Carlos Sainz.