Takut Keseringan Meleduk, Ferrari Rela Pangkas Power Mesin di F1 2023

Rezki Alif Pambudi - Rabu, 23 November 2022 | 15:03 WIB

Ferrari berencana mengurangi power agar mesin mobilnya tidak mudah meleduk di F1 2023 (Rezki Alif Pambudi - )

GridOto.com - Pabrikan Ferrari berencana memangkas power mesinnya pada kejuaraan dunia F1 2023.

Rencana ini dipertimbangkan Ferrari setelah banyaknya kasus mesin meleduk yang terjadi sejak awal musim kompetisi F1 2022 lalu.

Ferrari memulai musim 2022 dengan sangat bagus, Charles Leclerc memenangkan balapan pertama di Bahrain serta mengulanginya lagi di seri ketiga Australia.

Nama Charles Leclerc pun seketika dijagokan menjadi juara F1 2022, sebelum akhirnya petaka dimulai dengan mengalami masalah turbo saat memimpin balapan di Spanyol.

Leclerc kembali mengalami DNF karena mesin di Baku, Azerbaijan.

Kemudian sang rekan, Carlos Sainz, kehilangan kesempatannya finis 1-2 bersama Leclerc di Austria gara-gara mesin yang meledak dan mengeluarkan kobaran api di akhir balapan.

Masalah-masalah tersebut juga dialami oleh sebagian mobil yang memakai mesin Ferrari, baik dari tim Haas ataupun Alfa Romeo.

Hal itu membuat Ferrari kesulitan melawan konsistensi Red Bull di kejuaraan dunia, yang penampilannya sangat kuat hingga akhir musim meskipun di awal sempat mengalami masalah permesinan juga.

"Keandalan mesin adalah prioritas utama kami untuk bisa menang karena kau juga butuh mesin andal dan hal itu tak terwujud di musim ini, begitu juga dengan keseimbangan dalam musim kompetisi juga," ujar bos Ferrari, Mattia Binotto, dilansir GridOto.com dari F1i.