Melanggar Aturan Red Flag, Lewis Hamilton Lolos dari Penalti di Balap F1 Abu Dhabi 2022

Fendi - Minggu, 20 November 2022 | 10:00 WIB

Lewis Hamilton sempat diivestigasi stewards karena melanggar aturan red flag pada sesi latihan ketiga F1 Abu Dhabi 2022 (Fendi - )


GridOto.com – Lewis Hamilton lolos dari penalti untuk balapan di F1 Abu Dhabi 2022 hari Minggu, atas insiden melanggar bendera merah (red flag) pada sesi latihan bebas terakhir (FP3) di sirkuit Yas Marina, Sabtu (19/11).

Di tengah sesi latihan mobil pembalap tim AlphaTauri, Pierre Gasly mengalami kerusakan sayap depan dan melaju perlahan di trek.

Race control memutuskan untuk menghentikan sementara sesi FP3 dengan mengibarkan bendera merah, agar serpihan mobil Gasly bisa dibersihkan.

Nah, Saat itu Hamilton sedang melakukan fast lap.

Saat lampu merah menyala, Lewis Hamilton baru saja melewati Lando Norris (McLaren) yang melaju lambat, 150 meter kemudian juga menyalip pembalap tim Haas, Kevin Magnussen.

Stewards kemudian mempelajari momen yang terjadi.

Stewards akhirnya memberi keterangan bahwa Lewis Hamilton hampir tidak punya waktu untuk mengantisipasi situasi yang berubah.

Oleh karena itu, pembalap tim Mercedes itu tidak akan mendapat grid penalty untuk balapan F1 Abu Dhabi 2022 hari Minggu (20/11), melainkan teguran.

Baca Juga: Bos Tim Mercedes, Toto Wolff Ingin Menampung Mick Schumacher yang Didepak Tim Haas

FIA mengatakan: "Tidak ada perdebatan bahwa Mobil 44 melewati Mobil 20 langsung setelah trek dalam kondisi bendera merah.

(Hamilton) berada di fast lap, dia melihat lampu merah, segera mengangkat gas dan menginjak rem. Sambil memeriksa kaca spionnya untuk melihat mobil-mobil yang mengikuti dari jarak dekat, dia mengatakan bahwa dia telah melewati mobil 20.

Stewards mencatat preseden sehubungan dengan GP Belanda (Verstappen) 2021, di mana tidak ada tindakan yang diambil terhadap pengemudi dalam kondisi serupa tetapi bukan keadaan yang sama.

Kesimpulan bahwa pengemudi mobil 44 mengambil setiap tindakan yang wajar untuk mematuhi peraturan di mana ia segera mengurangi kecepatan dengan cara yang aman pada kesempatan paling awal setelah indikasi lampu merah.”

Hasil kualifikasi F1 Abu Dhabi 2022 hari Sabtu (19/11) menempatkan Lewis Hamilton start dari grid kelima pada balapan hari Minggu.