Anak Sekolah Banyak Bawa Motor, Polisi Lakukan Sosialisasi Operasi Zebra Jaya 2022

M. Adam Samudra - Jumat, 7 Oktober 2022 | 14:22 WIB

Satlantas Polres Metro Bekasi menggelar sosialisasi memberikan imbauan tertib lalu lintas di SMAN 1 Cikarang Timur (M. Adam Samudra - )

GridOto.com - Hari keempat berlakunya Operasi Zebra 2022, Satlantas Polres Metro Bekasi menggelar sosialisasi memberikan imbauan tertib lalu lintas di SMAN 1 Cikarang Timur

Sosialisasi disampaikan oleh Kanit Dikyasa Satlantas Polres Bekasi AKP Aliyani, didampingi beberapa personel Satlantas Polres Metro Bekasi, Jum'at (7/10/2022).

Dia menjelaskan Operasi Zebra ini bertujuan untuk menurunkan angka pelanggaran, kecelakaan lalu lintas dan angka fatalitas.

Serta meningkatkan disiplin para pelajar dalam berlalu lintas sehingga terciptanya keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas serta meningkatkan disiplin berlalu lintas di jalan.

"Kita dari Satlantas Polres Bekasi jadwalkan dalam rangka Operasi Zebra Jaya 2022 yang mulai tanggal 3-16 Oktober," kata AKP Aliyani kepada GridOto.com, Jum'at (7/10/2022).

AKP Aliyani menambahkan saat ini dilapangan banyak di jumpai anak-anak masih dibawah umur yang mengendarai sepeda motor.

Bahkan para pelajar sangat rentan, makanya setiap saat dilakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah agar nantinya para pelajar di Kabupaten Bekasi bisa menjadi Pelopor keselamatan ber-lalulintas.

Sedangkan sesuai dengan Undang – Undang No. 22 tahun 2009 tetang Lalu lintas dan anggkutan jalan mereka tidak diperbolehkan.

"Tujuannya adalah untuk menimalisir angka kecelakaan ditingkat anak-anak sehingga kita rutin kita jadwalkan setiap hari disekolah SMA, karena kita ketahui bersama bahwa anak-anak ini menggunakan kendaraan roda dua dan belum memiliki SIM," sambungnya.

Baca Juga: Polres Gresik Terapkan Tilang Elektronik Selama Operasi Zebra Semeru 2022, Tak Ada Tilang Manual?

Dia menambahkan, jumlah kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polres Bekasi cenderung menurun.

"Selama Operasi Zebra alhamdullilah untuk laka lantas nihil," bebernya.

Adam Samudra
Satlantas Polres Metro Bekasi menggelar sosialisasi memberikan imbauan tertib lalu lintas di SMAN 1 Cikarang Timur

Perlu diketahui, ada beberapa tindakan yang diterapkan pada para pelanggar lalu lintas.

Diantaranya, pengendara yang menggunakan ponsel saat berkendara, pengendara dibawah umur, pengendara berboncengan lebih dari 1 orang.
 
Kemudian, sepeda motor tidak menggunakan helm SNI dan mobil tidak menggunakan safety belt, pengendara dalam pengaruh alkohol, berkendara melawan arus, dan melebihi batas kecepatan.