Wajib Tahu Nih Cara Rotasi Ban Toyota Avanza, Biar Lebih Awet dan Aman Saat Berkendara

Rudy Hansend - Selasa, 6 September 2022 | 16:05 WIB

Cara rotasi ban untuk Toyota Avanza (Rudy Hansend - )

GridOto.com - Pemilik Toyota Avanza wajib tahu nih cara rotasi ban, biar lebih awet dan mendapatkan pengalaman berkendara yang lebih aman.

Manfaat lainnya yang didapatkan dengan merotasi ban, yaitu bisa menghemat biaya perawatan Toyota Avanza sobat.

Setiap ban memiliki beban dan perannya masing-masing, laju keausan alur pada setiap posisi ban pun biasanya tidak akan sama dan berkaitan dengan mekanisme pengemudi.

Keausan alur ban yang tidak seragam ini terjadi pada semua jenis mobil, termasuk Toyota Avanza yang dikenal memiliki banyak penggemarnya di Indonesia.

Radityo Herdianto / GridOto.com
ILUSTRASI: ban mobil

Adapun tingkat keausan ban mobil tergantung dari cara mengemudi, beban kendaraan, serta kondisi kaki-kaki mobil.

Sementara waktu normal untuk merotasi ban biasanya ketika penggunaan sudah mencapai enam bulan, atau juga bisa disesuaikan dengan kondisi ban.

"Sebaiknya lakukan rotasi ban setiap 5.000 Km dengan cara disilang," ucap Setiawan, Owner toko ban Jaya Makmur di Serpong, Tangerang kepada GridOto.com, Senin (5/9/2022)

"Terakhir, jangan lupa untuk mengatur tekanan ban sesuai spesifikasinya setelah melakukan rotasi, yaitu 240 kPa (2,4 bar atau 34 psi) untuk roda depan dan 260 kPa (2,6 bar atau 38 psi) untuk roda belakang," tutupnya.

Dalam buku pedoman resmi juga diatur tentang cara merotasi posisi ban, dengan tujuan untuk menyamakan keausan ban serta memperpanjang usia pakai keempat ban tersebut.