Kenang Hermanto Dardak, Ayahanda Emil Dardak yang Meninggal Kecelakaan di Tol Trans Jawa, Turut Bangun Jembatan Suramadu

Muslimin Trisyuliono - Sabtu, 20 Agustus 2022 | 16:10 WIB

Wakil Menteri Pekerjaan Umum (PU) Periode 2009-2014 Hermanto Dardak tutup usia setelah mengalami kecelakaan lalu lintas di Tol Pemalang-Batang (Muslimin Trisyuliono - )

GridOto.com - Wakil Menteri Pekerjaan Umum (PU) Periode 2009-2014, Hermanto Dardak, tutup usia setelah mengalami kecelakaan lalu lintas di Tol Pemalang-Batang, pada Sabtu (20/8/2022) dini hari.

Adapun kecelakaan yang nemimpa ayah dari Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak ini
terjadi saat Toyota Kijang Innova yang ditumpangi menabrak bak belakang truk tronton di Tol Pemalang-Batang KM 341+400 Jalur B atau arah Jakarta.

Dengan adanya kejadian tersebut, Kementerian PUPR pun menyampaikan turut berduka cita yang mendalam atas berpulangnya salah satu putra terbaik yang berjasa dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia.

Pemilik nama asli Achmad Hermanto Dardak lahir di Trenggalek 9 Januari 1957, menamatkan pendidikan sarjana di Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung (ITB).

Kemudian melanjutkan studi magister di University of Sydney pada 1985 dan studi doktoral di universitas yang sama pada 1990.

Setelah menamatkan pendidikan S1-nya, Hermanto Dardak bergabung dengan Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR pada 1982.

Ia kemudian dipercaya memegang sejumlah jabatan, hingga menjadi Wakil Menteri Kementerian PUPR 2009 sampai 2014 dan Kepala BPIW pada 2015 sampai 2017.

Setelah itu, Hermanto aktif mengabdi sebagai Widyaiswara Utama di Kementerian PUPR hingga saat ini.

Beberapa karya beliau saat menjabat di Kementerian PU, antara lain pembangunan Jembatan Suramadu di Jawa Timur, Jembatan Kelok 9 di Sumbar, sampai perencanaan Jembatan Selat Sunda.

Dok.Kementerian PUPR
Wakil Menteri Pekerjaan Umum (PU) Periode 2009-2014 Hermanto Dardak tutup usia setelah mengalami kecelakaan lalu lintas di Tol Pemalang-Batang

Baca Juga: Jadi Lokasi Kecelakaan Maut Achmad Hermanto Dardak, Ini Fakta Tol Pemalang-Batang

Berkat sumbangsihnya dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia, Hermanto mendapat Tanda Kehormatan Bintang Mahaputera Utama yang diberikan oleh Presiden ke-6 Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono pada 2014.

Selain itu, tercatat sebagai orang Indonesia pertama yang mendapat penghargaan International Road Federation (IRF) Professional of The Year 2014.

Penghargaan ini diberikan kepada figur terkemuka, profesional di sektor swasta dan pendidikan yang memiliki rekam jejak yang sangat baik, berdasarkan kepemimpinan dan komitmen untuk bidang transportasi jalan.

Selamat jalan, bapak Hermanto Dardak.