Gigi Dall'Igna Usul Mesin Hybrid di MotoGP, Langsung Banyak yang Kontra

Rezki Alif Pambudi - Kamis, 11 Agustus 2022 | 15:20 WIB

Gigi Dall'Igna usulkan mesin hybrid di MotoGP (Rezki Alif Pambudi - )

GridOto.com - Bos Ducati Corse, Gigi Dall'Igna, mengusulkan ide penggunaan mesin hybrid di kejuaraan dunia MotoGP.

Usul ini dikemukakan oleh Gigi Dall'Igna sebagai bagian dari peralihan MotoGP menuju ke energi yang lebih terbarukan di masa depan.

Menurut Gigi Dall'Igna, selain memikirkan cara membuat bahan bakar yang lebih efisien, penggunaan mesin hybrid juga harus dipikirkan karena lebih efisien dari pada mesin yang sekarang.

Dall'Igna menilai mesin hybrid juga tak akan menghilangkan ciri khas dari motor MotoGP itu sendiri.

"Kami harus melihat solusi untuk mengembangkan efisiensi mesinnya. Efisiensi adalah kunci masa depan," ujar Gigi Dall'Igna dilansir GridOto.com dari Speedweek.

"Kupikir kami harus berpikir berbeda dibandingkan hanya memakai mesin pembakaran internal saja," jelasnya.

Usul yang dikemukakan Gigi Dall'Igna ini tentu tak mudah untuk diwujudkan, karena biaya pengembangan mesin hybrid ini sama sekali tidak murah jika berkaca dari ajang balap Formula 1.

"Tentu harus memperhatikan biaya. Tapi ada beberapa komponen yang segaram seperti ECU, atau baterai dan motor listriknya, jika dibuat seragam, maka biayanya tidak akan semahal itu," sambung insinyur asal Italia ini.

"Tapi aku belum melakukan studi soal ini. Itulah kenapa aku belum bisa memastikan soal berat, biaya dan lainnya. Pada akhirnya konsep ini masuk akal jika dilakukan dengan benar. Tergantung seefisien apa mesin yang ingin kau buat," jelasnya.

Baca Juga: Pembalap Baru Tim Tech3 KTM Akan Diumumkan di MotoGP Austria 2022, Pol Espargaro Nih?