Bukan Long Lap Penalty, Fabio Quartararo Ungkap Kesalahan Fatal yang Membuatnya Gagal Jadi Pemenang MotoGP Inggris 2022

Rezki Alif Pambudi - Senin, 8 Agustus 2022 | 12:15 WIB

Fabio Quartararo ungkap kesalahan fatal yang membuatnya gagal jadi pemenang MotoGP Inggris 2022, bukan long lap penalty (Rezki Alif Pambudi - )

GridOto.com - Dari kacamata penonton, Fabio Quartararo gagal menjadi pemenang MotoGP Inggris 2022 usai menjalani long lap penalty yang kemudian membuatnya kesulitan bertarung dengan para rivalnya.

Namun bagi Fabio Quartararo, bukan long lap penalty yang membuatnya gagal menjadi pemenang MotoGP Inggris 2022.

Long lap penalty hanya membuatnya kehilangan sedikit waktu saja, tapi penyebab utama Fabio Quartararo gagal menjadi pemenang MotoGP Inggris 2022 adalah kesalahan strategi sejak awal menjalani akhir pekan di Silverstone.

Sepanjang akhir pekan sebelum balapan, Fabio Quartararo menjadi pembalap dengan catatan lap paling banyak di MotoGP Inggris 2022.

Quartararo sudah memutari sirkuit sebanyak 75 kali, 58 di antaranya menggunakan ban medium sedangkan 17 lainnya dengan ban soft yang memang digunakannya untuk time attack.

Juara MotoGP 2021 ini sama sekali tak menyentuh ban hard, yang ternyata jadi kunci penampilan bagus beberapa rider di balapan MotoGP Inggris 2022.

Quartararo finis kedelapan, sedangkan tujuh pembalap di depannya semua menggunakan ban hard, itu kesalahannya.

"Kami tak memakai ban hard belakang. Kami membua kesalahan dengan tidak mencoba ban hard belakang ini," ujar Quartararo dilansir GridOto.com dari The-Race.

"Kami membuat kesalahan. Dalam kondisi seperti ini, sangat penting menggunakan ban ini," jelasnya.

Baca Juga: Jadi Pemenang MotoGP Inggris 2022, Pecco Bagnaia Ungkap Bantuan Rahasia Valentino Rossi dan Casey Stoner