Daihatsu Bagi Ilmu Penting Tentang D-CVT di Xenia, Rocky, dan Sirion

Dwi Wahyu R. - Selasa, 19 Juli 2022 | 19:09 WIB

Workshop teknologi transmisi Dual Mode Continuously Variable Transmission (D-CVT) yang digelar PT Astra Daihatsu Motor (19/7/2022) (Dwi Wahyu R. - )

GridOto.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menggelar workshop untuk wartawan mengenai Dual Mode Continuously Variable Transmission (D-CVT) yang dipakai di Daihatsu Rocky, Xenia, dan Sirion terbaru.teknologi transmisi 

Workshop tentang transmisi D-CVT ini berlangsung di fasilitas Technical Training Center PT ADM di kawasan Sunter, Jakarta Utara (19/7/2022).

“Kami berharap, workshop kali ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang komponen, mekanisme kerja, perawatan, termasuk tips dan trick dalam penggunaan transmisi D-CVT agar kendaraan kesayangan sahabat tetap dalam kondisi nyaman & optimal”, jelas Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT ADM.

Dalam workshop yang diikuti sekitar 20 jurnalis ini dijelaskan pengetahuan dasar mengenai pengertian, fungsi, mekanisme, hingga tips dalam merawat transmisi D-CVT kebanggaan Daihatsu.

Dwi Wahyu R./GridOto.com
Ichsan Ady Permana, Staf Instruktur Technical training Center PT ADM menjelaskan komponen transmisi D-CVT

Baca Juga: Daihatsu Rocky Pakai Transmisi D-CVT, Segini Harga Oli Transmisinya

Selain penjelasan teoritis, para peserta juga diajak untuk melihat langsung jeroan dari transmisi D-CVT ini.

"D-CVT itu seperti CVT konvensional lainnya, bedanya transmisi ini punya split gear yang bekerja pada saat kecepatan tinggi agar akselerasi mobil dapat maksimal dan dapat menghemat konsumsi bahan bakar," terang Ichsan Ady Permana, Staf Instruktur Technical Training Center PT ADM.

Transmisi D-CVT ini penggunaannya tidak berbeda dengan CVT lainnya, yaitu D (Drive) untuk jalan, R (Reverse) buat mundur, S (Sport) yang memberikan akselerasi lebih spontan, dan M (Manual) buat yang ingin memindahkan gigi sendiri layaknya transmisi manual.

Dwi Wahyu R./GridOto.com
Penampakan transmisi D-CVT yang dipakai di Daihatsu Xenia, Rocky, dan Sirion terbaru