Belum Banyak yang Tahu, Ini Tahap Pembuatan Jalan Tol di Indonesia

Muhammad Mavellyno Vedhitya - Rabu, 6 Juli 2022 | 11:40 WIB

Ilustrasi Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). (Muhammad Mavellyno Vedhitya - )

GridOto.com - Pembangunan jalan tol merupakan salah satu unsur penyediaan infrastruktur penting bagi masyarakat Indonesia saat ini.

Ketersediaan akses jalan tol yang baik tentu akan membuat beberapa faktor seperti budaya, sosial, dan perekonomian meningkat.

Secara umum, akses jalan tol dibangun untuk menghubungkan satu tempat ke tempat lain dalam jarak yang jauh.

Proses ini dilakukan guna mempersingkat waktu perjalanan, sehingga dapat mempermudah proses mobilitas dan transportasi.

Ternyata, jalan tol itu dibangun dengan banyak tahapan guna mendapatkan hasil yang laik jalan dan laik operasi.

"Dalam pembuatan jalan tol terdapat Audit Keselamatan Jalan (AKJ)," buka Senior Investigator Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Ahmad Wildan dalam Forum Tematik Bakohumas diskusi Keselamatan Jalan Tol di Jakarta beberapa waktu lalu.

Sebagai informasi, AKJ adalah pemeriksaan terhadap aspek keselamatan prasarana lalu lintas dan angkutan jalan untuk mengidentifikasi potensi kecelakaan. 

"Di dalam AKJ itu terdapat poin-poin seperti basic desain, kriteria desain, FS, pra desain, detail engineering design, laik fungsi, dan laik operasi," sebutnya.

Pada poin pertama, Ahmad menjelaskan kalau jalan tol yang akan dibuat tersebut ingin dibangun seperti apa, untuk kecepatan berapa, kendaraan paling berat apa yang lewat, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Pengendara Kudu Waspada, BUJT Wacanakan Perbaikan Jalan Tol di Sejumlah Wilayah Mulai Juli 2022