Carsome Luncurkan Lembaga Pelatihan Menjadi Inpesktur Kendaraan Pertama di Indonesia

Muhammad Mavellyno Vedhitya - Kamis, 23 Juni 2022 | 22:40 WIB

Carsome luncurkan lembaga pelatihan Carsome Academy, Kamis (23/6/2022). (Muhammad Mavellyno Vedhitya - )

GridOto.com - Carsome secara resmi membuka lembaga pelatihan bersertifikat dan berorientasi industri di Indonesia, Carsome Academy, Kamis (23/6/2022).

Kurikulum ini menggabungkan pelatihan pendidikan serta keterampilan teknis.

Dengan menerapkan rasio 70:30 pelatihan industri dan praktik teori secara hybrid, dari pengajar bersertifikat dan berstandar internasional.

Tidak hanya itu, Carsome Academy juga memberikan jaminan kerja bagi pemegang sertifikat di seluruh operasi Carsome di Indonesia.

Moh. Saeful Hasan, Kepala Seksi Perizinan Lembaga, Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia mengatakan, program ini merupakan salah satu strategi utama untuk memberdayakan mereka guna menyukseskan implementasi industri 4.0.

“Pemberian program upskilling dan reskilling bagi generasi muda calon tenaga kerja, khususnya tingkat umum atau vokasi," ujar Saeful lewat virtual, Kamis (23/6/2022).

Oleh karena itu, dirinya menyambut baik hadirnya Carsome Academy yang telah mendukung agenda nasional.

Khususnya dalam menyiapkan tenaga siap kerja melalui Diklat Kejuruan Teknis (TVET) di bidang inspeksi kendaraan.

Adapun Carsome Academy akan memberikan pelatihan kepada lulusan SMA atau SMK sederajat berusia 18 tahun ke atas.

Baca Juga: Tambah Jaringan Layanan Mobil Bekas, Carsome Buka Outlet Baru di Depok

Pelatihan diberikan untuk menjadikan para pelajar tersebut inspektur kendaraan andal yang memiliki keterampilan bertaraf internasional.

Carsome
Ilustrasi pelatihan di Carsome Academy


Lulusan Carsome Academy akan dibekali dengan pendidikan teknis selama tiga bulan melalui modul yang diberikan secara hybrid.

Selain itu, lulusan juga akan diberikan enam bulan pelatihan praktik di Carsome.

Menariknya, Carsome juga memberikan peluang bagi lulusan Carsome Academy untuk bekerja di Carsome.

“Kehadiran Carsome Academy di Indonesia merupakan bagian dari strategi jangka panjang Carsome untuk menciptakan ekosistem kepemilikan mobil terintegrasi di Indonesia," sambut Andrew Mawikere, CEO Carsome Indonesia.

Dengan menciptakan proses standar di seluruh bisnis Carsome, dirinya berharap dapat terus menghadirkan pengalaman pelanggan terbaik.

Dalam rangka peluncuran Carsome Academy di Indonesia, Carsome memberikan beasiswa kepada 30 orang pelajar.

Carsome akan menyediakan opsi pendanaan melalui kerjasama dengan Edufund dan program beasiswa bagi pelajar pada angkatan berikutnya.

Para pelajar akan dilatih oleh pengajar bersertifikat yang menerapkan program pelatihan berstandar internasional selama sembilan bulan.

Baca Juga: Daripada Dapat Zonk, Konsumen Mobil Bekas Wajib Teliti dan Asah Kemampuan Ini Biar Enggak Ketipu 

"Komitmen kami wujudkan melalui Carsome Academy, dengan menciptakan tenaga kerja tersertifikasi serta terampil didukung tenaga ahli dengan pengalaman di tingkat regional dan global yang kami miliki,” tutup Co-Founder Carsome dan CEO Carsome Academy, Jiun Ee Teoh.