Penyakit Honda Civic FB Bagian Kelistrikan, Jangan Panik Jika Bagian Ini Error, Segini Biaya Perbaikan di Bengkel Spesialis

Muslimin Trisyuliono - Kamis, 23 Juni 2022 | 12:40 WIB

Honda Civic FB 2.0L A/T (Muslimin Trisyuliono - )

GridOto.com - Honda Civic generasi kesembilan atau biasa disebut Civic FB, bisa menjadi opsi buat yang ingin memiliki sedan sporty dengan harga terjangkau.

Di pasar mobil bekas, Honda Civic FB lansiran 2012 sampai 2016 bisa dibeli mulai harga Rp 150 juta sampai Rp 200 juta tergantung kondisi unit.

"Harga bekas Honda Civic FB berkisar mulai Rp 150 juta sampai Rp 200 juta ya, tapi untuk Civic FB memang tidak banyak penggemarnya," ucap Yudi Budiman, Pemilik showroom Indigo Auto kepada GridOto.com belum lama ini.

Dok. OTOMOTIF Group
Honda Civic generasi ke-9 atau Civic FB


Buat yang tertarik membeli Honda Civic FB bekas dan ingin mengganti kaca film sebaiknya lebih berhati-hati.

Menurut Tri Pranoto, Pemilik bengkel spesialis Honda Clinic Pradana di Sawangan, Depok, banyak ditemukan kasus kelistrikan error akibat pemasangan kaca film yang tidak benar.

"Penyakit elektrikal selama ini ketika pasang kaca film dan yang pasang kurang ngerti bagian penanganan pencegahan itu sering kena," ujar Tri saat ditemui GridOto.com belum lama ini.

"Jadi air (pemasangan kaca film) mengalir dari kabel sampai ke kotak sekring akhirnya elektrikal bisa error, kami sering menangani kotak sekring bekas kena air," sambungnya.

Untuk penanganan, Tri mengungkapkan di bengkelnya memiliki opsi servis elektrikal dengan banderol hingga Rp 1,5 juta.

Baca Juga: Masih Ragu Beli Honda Civic FB Bekas? Intip Dulu Nih Harga Fast Moving di Bengkel Spesialis Mulai Rp 45 Ribuan

"Diservis ada yang berhasil dan tidak karena jalurnya halus. Range harganya Rp 1 juta sampai Rp 1,5 juta untuk servis, tapi lebih rekomendasi ganti kotak sekring," ucap Tri.

Sehingga agar kejadian tersebut tidak terulang, ia menyarankan pemasangan kaca film diserahkan pada yang memang profesional.


Honda Clinic Pradana: Jl. Raya Muchtar No.86, Sawangan, Depok, Jawa Barat (0812-8640-286)