Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Seken Keren - Jangan Buru-buru Beli, Honda Civic FB Punya Varian Mesin 1.800 cc dan 2.000 cc

Muslimin Trisyuliono - Minggu, 19 Juni 2022 | 11:55 WIB
Honda Civic FB 2.0L A/T
Dok. OTOMOTIF
Honda Civic FB 2.0L A/T

GridOto.com - Honda Civic generasi kesembilan atau Civic FB yang mengaspal di Tanah Air pada 2012 sampai 2016 silam memiliki dua pilihan mesin.

Pertama mesin R18A berkapasitas 1.800 cc yang menghasilkan tenaga 141 dk pada 6.500 rpm dan torsi sebesar 174 Nm pada 4.300 rpm.

Kedua mesin K20Z berkapasitas 2.000 cc yang mengasilkan tenaga maksimal 155 dk pada 6.500 rpm dan torsi sebesar 190 Nm pada 4.300 rpm.

Di antara dua pilihan varian mesin Honda Civic FB tersebut, mana yang lebih layak diboyong pada 2022 ini?

Menurut Tri Pranoto, Owner bengkel spesialis Honda Clinic Pradana di bilangan Depok, Jawa Barat, Civic FB dengan mesin 1.800 cc memiliki beberapa keunggulan sehingga masih layak dipinang di tahun ini.

"Civic FB masih rekomendasi terutama yang 1.800 cc karena unit lebih banyak, konsumsi BBM lebih irit dan tenaga sudah mendukung tidak boyo," ujar Tri kepada GridOto.com, Jumat (17/06/2022).

Honda Civic FB
Dok. Otomotif
Honda Civic FB

Sementara bagi yang menginginkan tenaga lebih besar bisa memilih Civic FB varian 2.000 cc, namun ia mengungkapkan cukup sulit mendapatkan unitnya karena populasi yang sedikit.

Menurutnya ini dipengaruhi segi desain, Honda Civic FB bisa dibilang bertolak belakang dengan generasi sebelumnya yakni Civic FD yang lebih sporty.

Hal ini membuat ada yang menyukai desainnya yang lebih kalem, namun tidak sedikit pula orang yang lebih menyukai desain radikal dari Honda Civic FD.

Baca Juga: Seken Keren - Panduan Sebelum Beli Honda Civic FB Bekas, Perhatikan Bagian Ini Agar Tidak Menyesal

"Populasinya lebih sedikit kalau dilihat dari segi bentuk, orang melihatnya lebih elegan jadi ke arah anak muda agak kurang, berbeda dengan FD lebih ke anak muda," jelas Tri.

Hal senada juga diungkapkan Yudi Budiman Pemilik Showroom Indigo Auto, di bilangan Serpong, Tangerang.

"Civic FB memang tidak banyak penggemarnya, FD lebih banyak yang cari," ucap Yudi saat dihubungi GridOto.com, Jumat (17/06/2022).

Namun balik lagi kepada selera masing-masing untuk urusan desain ini ya sob.

Tapi kalau sobat GridOto.com mending pilih Honda Civic FB 1.800 cc atau 2.000 cc

Editor : Eka Budhiansyah

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa