Tanggapan Daihatsu Soal Rumor Suzuki Ertiga Hybrid, Bakal Bawa Rocky Hybrid?

Wisnu Andebar - Selasa, 24 Mei 2022 | 14:12 WIB

Suzuki All New Ertiga Smart Hybrid 2022 tanpa balutan kamuflase. (Wisnu Andebar - )

GridoOto.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menanggapi terkait rumor kemunculan produk terbaru Suzuki yang digadang-gadang sebagai Ertiga Hybrid.

Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) mengatakan, bahwa
hadirnya produk baru merupakan hal yang lumrah di industri otomotif.

"Kalau kompetitor meluncurkan produk baru, maka konsumen memiliki banyak pilihan ya, apalagi katanya hybrid," kata Hendrayadi saat ditemui di Sunter, Jakarta Utara belum lama ini.

"Jadi, ini sangat bagus sehingga konsumen bisa memilih antara mesin konvensional atau elektrifikasi," sambungnya.

Selanjutnya Daihatsu sendiri tampaknya masih belum tertarik untuk memasarkan kendaraan elektrifikasinya di Indonesia.

Padahal Daihatsu telah memiliki Rocky versi hybrid dengan nama Rocky e:Smart yang diluncurkan di Jepang pada November 2021.

"Sementara ini kami masih memonitor perkembangan kendaraan elektrifikasi di Indonesia dan belum ada rencana untuk mengarah ke sana," papar Hendrayadi.

Adapun berdasarkan bocoran yang beredar, peluncuran model yang diduga kuat Suzuki Ertiga Hybrid ini akan dilangsungkan pada 10 Juni 2022 mendatang.

Melihat tampilan eksteriornya, sekilas tidak ada perbedaan signifikan dengan Suzuki All New Ertiga yang masih dipasarkan hingga saat ini.

Baca Juga: Tanpa Balutan Kamuflase, Begini Tampilan Luar Dalam Suzuki Ertiga Hybrid 2022

Hanya di bodi belakang muncul emblem bertuliskan 'Smart Hybrid', yang jadi pembeda sekaligus menegaskan statusnya.

Suzuki Smart Hybrid merupakan salah satu teknologi elektrifikasi buat meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar dan mengurangi emisi gas buang.

Adapun komponen utama Suzuki Smart Hybrid adalah Integrated Starter Generator (ISG) dan dua buah baterai (baterai Lithium-Ion dan Lead-Acid).

Beralih ke bagian interior, aksen kayu yang ada di dasbor Suzuki All New Ertiga saat ini diganti dengan model karbon yang memberikan kesan sporty.

Menarik lagi, Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) tersebut akhirnya sudah disematkan fitur cruise control.

Sisanya tidak ada perbedaan berarti, alias masih sama dengan model yang dipasarkan hingga saat ini.

Urusan dapur pacu Suzuki Ertiga Hybrid 2022, diprediksi tetap menggunakan mesin K15B 1.500 cc yang dipadukan dengan teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS).

Bicara harganya, Suzuki Ertiga Hybrid 2022 kabarnya juga akan dijual dengan banderol yang tidak lebih dari Rp 300 juta.