Presiden Jokowi Sudah Temui Elon Musk, Tesla Dipastikan akan Bikin Pabrik Baterai Mobil Listrik di Indonesia

Ruditya Yogi Wardana - Jumat, 20 Mei 2022 | 14:08 WIB

Ilustrasi pabrik Tesla. (Ruditya Yogi Wardana - )

GridOto.com - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) ketahui sempat berkunjung ke Amerika Serikat untuk menemui bos Tesla, Elon Musk, pada Sabtu (14/05/2022) lalu.

Adapun dalam pertemuan ini, Jokowi dan Elon Musk membicarakan terkait rencana invetasi Tesla guna membantu mengembangkan ekosistem mobil listrik di Indonesia.

Dari pertemuan tersebut diketahui kalau Tesla berminat untuk berinvetasi dengan membangun pabrik baterai mobil listrik di Batang, Jawa Tengah.

Hal ini dipastikan langsung oleh Menteri Investasi sekaligus Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia saat acara Investment Forum 'Mendukung Percepatan Investasi Berkelanjutan dan Inklusif'.

Ia menyebutkan kalau Batang akan jadi pusat kawasan industri terbaik di Indonesia.

Mengingat di sana ada banyak pabrik milik sejumlah perusahaan besar, seperti LG dan Foxconn.

"Tesla pun Insya Allah akan masuk ke sana dan beberapa perusahaan lainnya," ucapnya, dikutip dari channel Youtube Kementerian Investasi-BKPM, Rabu (18/05/2022).

Bahlil menceritakan, pendekatan pemerintah dengan Tesla dan Foxconn dulu diawali oleh Menteri Koordinator Kemaritiman dan Invetasi (Menko Marves), Luhut Pandjaitan bersama dirinya.

Mereka membagi tugas untuk melakukan pendekatan ke dua perusahaan itu, yakni Luhut melakukan pendekatan ke Tesla dan Bahlil mendekati Foxconn.

"Tesla sempat tarik ulur, tapi berkat tangan dingin dan intuisi Presiden Jokowi akhirnya Tesla mau masuk ke Indonesia," imbuhnya.