Biar Gak Kena Macet, Ini Jadwal One Way dan Ganjil-Genap Mudik 2022

Rayhansyah Haikal Wishnumurti - Senin, 25 April 2022 | 20:42 WIB

Ilustrasi kepadatan lalu lintas mudik Lebaran 2022 (Rayhansyah Haikal Wishnumurti - )

GridOto.com - Akhirnya Pemerintah kembali mengizinkan perjalanan mudik untuk Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran tahun 2022.

Mudik Lebaran diperbolehkan lagi setelah sempat tidak diizinkan dua tahun karena kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia.

Tentu saja diperbolehkannya mudik akan disambut oleh jutaan orang yang sudah lama tidak merayakan Idul Fitri bersama keluarga di kampung halaman.

Hal ini diperkuat dengan survey Kementerian Perhubungan yang menyebutkan bahwa diprediksi akan ada 85 juta orang yang akan mudik.

Selain itu diperkirakan ada 23 juta kendaraan roda empat dan 17 juta kendaraan roda dua yang melakukan perjalanan mudik di Pulau Jawa saja.

Rayhan Haikal/GridOto.com
Ilustrasi ribuan kendaraan mudik ke kampung halaman.

Baca Juga: Catat Baik-baik Lokasi Uji Coba Ganjil Genap di Tol Jakarta-Cikampek, Berlaku Hari ini

Nah demi kelancaran lalu lintas, Pemerintah menyiapkan skema satu arah atau one-way dan ganjil-genap di ruas Tol Trans Jawa khususnya Tol Cikampek hingga Semarang.

Skema one-way pada arus mudik dilaksanakan mulai Kamis (28/4) hingga Minggu (1/5) di ruas Tol Cikampek KM 47 hingga Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang KM 414.

Lalu untuk arus balik, skema one-way dimulai pada Jumat (6/5) di Gerbang Tol Kalikangkung KM 414 hingga Tol Cikampek KM 47 sebelum diteruskan ke contra flow sampai KM 28.500.

Skema one-way arus balik ini dilanjutkan pada Sabtu (7/5) hingga Senin (9/5) dari Gerbang Tol Kalikangkung KM 414 hingga Gerbang Tol Halim KM 3.500.

Simak pembahasan mengenai one way dan ganjil-genap mudik beserta jadwalnya di video Tester Talk kami di bawah ini.