Gak Perlu Pusing Lagi, Tol Japek II Selatan Bakal Dibuka Situasional Pas Mudik Lebaran 2022

Ruditya Yogi Wardana - Kamis, 14 April 2022 | 06:05 WIB

Proyek jalan tol Jakarta-Cikampek II Selatan (Ruditya Yogi Wardana - )

GridOto.com - Sobat GridOto yang mau mudik Lebaran 2022 dari Jakarta ke sejumlah wilayah di Jawa Barat maupun sebaliknya gak perlu pusing lagi.

Soalnya, PT Jasa Marga berencana buat mengoperasikan jalan tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan secara situasional pada momen mudik Lebaran 2022 mendatang.

Direktur Operasi Jasa Marga Tollroad Operator, Yioga Trianggoro menyebutkan kalau langkah ini jadi salah satu alternatif rekayasa lalu lintas yang dilakukan oleh Jasa Marga.

Kendati demikian, tol Japek II Selatan hanya dibuka pada saat dibutuhkan saja alias situasional.

"Jadi itu enggak terjadwal dibukanya," jelasnya, dikutip dari Kompas.com, Senin (11/04/2022).

Lebih lanjut, jika situasinya dibutuhkan untuk memecah lalu lintas khususnya di KM 66, maka akses tol ini dibuka atas diskresi dari kepolisian.

Walau begitu dioperasikan secara situasional, Jasa Marga justru sudah menyiapkan segala hal untuk pembukaan tol Japek II Selatan.

"Sehingga kapanpun dibutuhkan untuk memecah kepadatan khususnya di KM 66, maka tol tersebut bisa langsung digunakan," imbuh Yoga.

Tak cuma mengoperasikan tol Japek II Selatan, Jasa Marga juga diketahui akan memfungsikan jalur alternatif Sadang hingga Kutanegara untuk arus balik mudik Lebaran 2022.

Baca Juga: Progres Konstruksi Capai 60 Persen, Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Seksi 3 Ditargetkan Rampung Akhir Tahun Ini