Sebulan Lebih Dioperasikan Secara Gratis, Tarif Tol Binjai-Langsa Seksi 1 Bakal Diberlakukan Mulai Bulan Depan

Ruditya Yogi Wardana - Kamis, 31 Maret 2022 | 16:13 WIB

Gerbang tol Stabat yang ada di tol Binjai-Langsa Seksi 1 Binjai-Stabat. (Ruditya Yogi Wardana - )

GridOto.com - Jalan tol Binjai-Langsa Seksi 1 Binjai-Stabat, Sumatera Utara sudah diresmikan dan dioperasikan pada 11 Februari 2022 lalu.

Setelah lebih dari sebulan beroperasi secara gratis, PT Hutama Karya akhirnya memutuskan untuk segera memberlakukan tarif tol pada 3 April 2022 mendatang.

Penetapan tarif ini dilakukan berdasarkan Keputusan Menteri PUPR Nomor 82/KPTS/M/2022 yang sudah diterbitkan beberapa waktu lalu.

Direktur Operasi III Hutama Karya, Koentjoro menuturkan Hutama Karya sudah melakukan sosialisasi secara masif baik online maupun offline kepada pengguna jalan tol.

Dengan begitu, para pengguna jalan tol tidak akan kaget kalau tarif untuk tol Binjai-Langsa Seksi 1 resmi diberlakukan.

"Kami juga sudah melakukan Focus Group Discussion (FGD) dan menampung aspirasi dari regulator serta Key Opinion Leader (KOL)," jelasnya, dikutip dari Serambinews.com, Rabu (30/03/2022).

Koentjoro menambahkan, pelayanan yang nantinya diberikan oleh pengelola tol ini juga sudah memenuhi Standar Pelayanan Minimum (SPM) yang berlaku.

Seperti menyediakan sebanyak 28 personel siaga dan kendaraan operasional seperti ambulans, derek, patroli jalan raya, rescue dan kendaraan patroli di Seksi 1.

Tak cuma itu, ada juga sebanyak 6 gardu tol dan 1 titik lokasi top-up kartu e-Toll yang ada di Gerbang Tol (GT) Stabat.

"Kalau sudah terhubung semua, tol Binjai-Langsa bakal dilengkapi dengan 5 GT, 3 Simpang Susun (SS) yang ada di Stabat, Tanjung Pura dan Pangkalan Bradan serta 6 unit rest area Tipe A," paparnya.