Presiden Jokowi Resmikan Pabrik Pertama Hyundai di Indonesia dan Mobil Listrik Pertama Buatan RI

Nana Triana - Kamis, 24 Maret 2022 | 08:00 WIB

PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) meresmikan pabrik pertamanya di Indonesia. (Nana Triana - )

GridOto.com - PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) meresmikan pabrik pertamanya di Asia Tenggara yang berlokasi di Deltamas, Cikarang Tengah, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (16/3/2022).

Peresmian ini dihadiri langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi) ditemani Duta Besar Korea untuk Indonesia Park Tae-sung, Executive Chairman Hyundai Motor Group Chung Eui-sun, serta beberapa jajaran menteri dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Pada Desember 2021, Hyundai telah menyelesaikan pembangunan pabrik yang dibangun di atas lahan seluas 77,7 hektare dengan luas bangunan mencapai 18,8 hektare tersebut. 

Pabrik yang dibangun dengan nilai investasi sekitar 1,55 miliar dollar Amerika Serikat (AS) ini, akan memiliki kapasitas produksi tahunan hingga 150.000 unit, dan akan mencapai hingga 250.000 unit per tahun ke depannya.

"Momen yang terus saya tunggu-tunggu karena kita ingin segera melakukan transisi besar-besaran dari mobil yang menggunakan bahan bakar fosil ke mobil listrik yang ramah lingkungan," ucap Jokowi dalam peresmian tersebut menurut siaran pers yang diterima GridOto, Kamis (17/3/2022).

Baca Juga: Hyundai E-GMP di Jakarta Auto Week, Bisa Jadi Mobil Listrik Apapun Lho

Dia juga mengatakan, Indonesia harus menjadi pemain penting dalam rantai suplai global di industri mobil listrik. Hal ini dikarenakan banyaknya sumber daya mineral di Indonesia untuk mendukung pengembangan mobil listrik.

“Kita harus menjadi pemain penting dalam global supply chain di industri mobil listrik global karena Indonesia memiliki kapasitas berupa material utama untuk kendaraan listrik,” kata Jokowi.

Sementara itu, Chung Eui-sun menjelaskan bahwa ke depan, Indonesia akan menjadi pusat dari strategi mobilitas Hyundai Motor Global. Pabrik di Deltamas akan memainkan peran penting dalam industri otomotif, khususnya di bidang kendaraan listrik.

"Selain itu, Hyundai akan terus berkontribusi dalam pembangunan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia melalui sinergi pabrik baterai yang sedang kami kembangkan," jelasnya di sela-sela seremoni peresmian pabrik Hyundai.

Eui-sun melanjutkan, pihaknya optimistis bahwa kehadiran pabrik ini akan mendorong Indonesia untuk memainkan peran penting di kancah internasional.